Scroll to Top

Ini Hal yang Bikin Kualitas Sperma Menurun

By C Novita / Published on Friday, 20 Jul 2012

kualitas sperma buruk

Di antara 10 pasangan yang menjalani tes kesuburan, biasanya terdapat 1 pasangan yang ternyata mengalami masalah pada kualitas sperma. Hal tersebut menyebabkan sperma tak mampu membuahi sel telur istri.

Hal apa saja yang mampu menyebabkan kualitas sperma menurun dan tak mampu membuahi sel telur? Simak berikut ini;

  • 1. Suhu.

Suhu di sekitar testis ternyata berpengaruh terhadap produksi sperma. Makin tinggi suhu, maka makin buruk akibatnya untuk testis dan kemampuan memproduksi sperma dalam hal jumlah, motilitas, dan morfologinya.

Ini termasuk jika seorang pria berendam di air panas atau jacuzzi lebih dari 30 menit. Atau menggunakan laptop dengan cara dipangku, dengan suhu laptop yang panas. Fakta itu sudah dipublikasikan tahun 2007 oleh sebuah penelitian di Amerika.

  • 2. Demam.

Sakit demam tinggi yang menyebabkan peningkatan suhu tubuh di atas normal pun bisa berpengaruh terhadap penurunan kualitas sperma. Biasanya sperma berkurang hingga 35 % setelah seorang pria demam.

  • 3. Celana ketat.

Penggunaan celana dalam ketat, atau jeans ketat yang rutin bisa berpengaruh buruk bagi kualitas sperma. Jika Anda benar-benar mendambakan kehadiran buah hati, maka sebaiknya gunakan celana boxer sebagai ganti celana dalam, dan jauhi jeans ketat.

  • 4. Gaya hidup

Merokok, narkotika, dan alkohol memiliki pengaruh terhadap penurunan kualitas sperma dari normal, dan juga fungsi seksual lainnya. Demikian juga faktor stres dan obesitas akibat pola makan yang salah.

Jika Anda bermasalah pada kualitas sperma dan tak kunjung mendapatkan buah hati, maka sebaiknya mulai menjauhi berbagai hal di atas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda