Scroll to Top

Firefox OS Diuji Coba

By Ditya / Published on Friday, 20 Jul 2012

Firefox OS

Seperti yang diberitakan Sidomi sebelumnya, Mozilla sedang merancang sebuah sistem operasi mobile baru melalui proyek Boot2Gecko (B2G) yang nantinya akan mengusung nama Firefox OS. Kini Firefox OS sudah tersedia untuk platform desktop untuk keperluan uji coba.

Pasar sistem operasi mobile memang cukup dinamis, kini pasar mobile dikuasai oleh sistem operasi Android besutan Google dan sistem operasi iOS besutan Apple yang kini marak menghiasi tablet dan smartphone masa kini.

Mozilla tampaknya juga ingin merasakan manisnya pasar sistem operasi mobile dengan meluncurkan proyek sistem operasi baru yang mengusung kode nama Boot2Gecko (B2G) dan beberapa waktu lalu diumumkan akan mengusung nama Firefox OS.

Firefox OS telah tersedia untuk komputer desktop untuk keperluan uji coba dan ArsTechnica melakukan uji coba sistem operasi besutan Mozilla ini menggunakan komputer berbasis Mac OS X.

Secara umum, Firefox OS terdiri dari 3 komponen utama yang menyusunnya, yaitu Gonk, Gecko dan Gaia. Firefox OS ini dibuat berdasarkan sistem operasi open source Linux.

Gonk, adalah komponen utama Firefox OS yang berupa kernel atau inti dari sistem operasi Firefox OS. Gecko, adalah mesin rendering yang juga digunakan di browser Firefox yang berfungsi untuk merender tampilan web.

Komponen terakhir yang menyusun Firefox OS adalah Gaia. Gaia adalah sebuah komponen inteface layer HTML5 yang berfungsi untuk mengolah tampilan atau antarmuka Firefox OS.

Seeperti yang dilansir dari ArsTechnica hari ini (20/07/2012), Mozilla menyatakan bahwa kehadiran Firefox OS ini tidak akan langsung head-to-head dengan Android, karena Firefox OS ini lebih menyasar pada perangkat kelas menengah kebawah serta perangkat dengan spesifikasi perangkat keras terbatas.

Sesuai dengan pasar yang dituju, Firefox OS ini adalah sistem operasi yang cukup ringan, bahkan Mozilla mengklaim bahwa Firefox OS ini dapat berjalan lancar dengan memori RAM sebesar 256 MB saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda