Scroll to Top

Barcelona: Ketika Diego Maradona Bermain di Camp Nou

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 20 Jul 2012

Diego Maradona

Menjelang bergulirnya Liga Spanyol musim 2012-2013, tak ada salahnya sedikit bernostalgia ke belakang. 30 tahun lalu, seorang pemuda yang belum genap berusia 22 tahun, memulai penaklukannya di Eropa. Dialah Diego Maradona, yang mendarat ke Barcelona pada musim panas 1982.

Anak muda kelahiran 30 Oktober 1960 bukanlah target baru pembelian Barcelona. Klub Catalan sudah mengincar Maradona sejak 1978, ketika ia masih merumput di Argentinos Juniors. Kala sang bocah menjadi pemain terbaik di Piala Dunia U-20 (1979) desakan untuk merekrutnya semakin besar. Namun, takdir baru memutuskan, Diego Maradona melangkah ke Camp Nou pada 4 Juni 1982. Angka transfer kala itu memecahkan rekor dunia, 5 juta Euro.

Maradona memulai debut bersama klub di Trofi Joan Gamper pada 26 Agustus. Sayang, Barcelona justru menjadi klub terbawah di antara empat peserta: Internacional sang juara, Manchester City peringkat kedua, dan Koln yang menaklukkan El Barca lewat drama adu penalti. Untuk pertama kalinya, Barcelona terpuruk sedemikian rupa di ajang tahunan yang mereka gelar sendiri tersebut.

Di akhir musim, Barcelona cuma duduk di peringkat empat pada klasemen La Liga. Namun, kekecewaan terobati kala Maradona membantu mereka menjuarai Piala Raja setelah menaklukkan Real Madrid dengan agregat 4-3.

Barcelona

Sang penyihir mencetak gol baik kala bermain imbang 2-2 di Bernabeu, maupun kala unggul 2-1 di Camp Nou. Total, di musim perdana, 23 gol dibuat oleh Maradona untuk klub Catalan.

Namun, musim kedua tidak bersahabat. Apalagi ketika di awal musim kedua, ia harus mengalami cedera serius karena tackle terlambat Andoni Goixoexhea (Athletic Bilbao). Ditambah dengan ketegangan dengan klub, jiwa pemberontak Maradona melesat. Ia meminta untuk ditransfer dari Barcelona.

Permintaan pria kelahiran Buenos Aires akhirnya dikabulkan. Setelah hanyatampil dalam 23 pertandingan di musim kedua, ia pergi pada 1984 ke Napoli. Lagi-lagi, dengan memecahkan rekor transfer dunia kala itu: 6,9 juta Euro.

Barcelona 2

38 gol dari 58 penampilan. Sang raja mungkin tak menaklukkan Camp Nou seperti yang diprediksikan sebelumnya. Namun, perjalanan Diego Maradona di Eropa berlanjut. Kala berada di Napoli, ia seorang diri membawa klub tersebut menjadi penguasa Liga Italia pada akhir 1980-an.

Musim panas 1982 sendiri, musim kala Maradona mendarat pertama kali ke Camp Nou, dapat dikatakan sebagai salah satu musim tersibuk bagi El Barca. Kala itu, mereka lumayan gila-gilaan dalam memboyong pemain.

Selain Maradona yang memecahkan rekor dunia, klub Catalan membawa pula lima pemain anyar: Julio Alberto, Urbano, dan trio Alonso (Pichi Alonso, Perico Alonso, dan Marcos Alonso). Sesuatu yang mungkin membuat musim panas ini kurang menggairahkan bagi para penggemar Barcelona.

(Oscar Penon Esteva-Mundo Deportivo-/BdfFutbol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda