Scroll to Top

AMD Siapkan Jaguar Untuk Saingi Intel Dan ARM DI Pasar Tablet

By Ditya / Published on Friday, 20 Jul 2012

AMD Jaguar

Makin maraknya gadget tablet yang ditenagai prosesor berbasis ARM dan Intel membuat AMD (Advanced Micro Devices) tidak tinggal diam. AMD menyiapkan prosesor dengan kode nama Jaguar untuk bersaing dengan Intel dan ARM di pasar tablet.

Sebagian besar tablet PC yang beredar saat ini ditenagai oleh prosesor-prosesor berbasis ARM, seperti Apple A5X di iPad, Nvidia Tegra 3 di Nexus 7 atau Qualcomm Snapdragon. Intel pun perlahan mulai memasuki pasar tablet melalui prosesor Atom dan Ivy Bridge-nya.

Seteru abadi Intel ini mengatakan bahwa pihaknya telah menyapkan prosesor hemat energi yang berbasis APU (Accelerated Processing Unit) yang diproduksi dengan manufaktur 28nm, sehingga diklaim lebih hemat daya dibanding pesaingnya.

Sebelum hadirnya APU Jaguar ini, AMD mengandalkan generasi Bobcat yang cukup populer di pasar netbook seperti AMD C60, E350 dan E450. Namun generasi Bobcat ini dinilai masih kurang efisien, maka AMD mengembangkan generasi penerusnya, Jaguar.

Jaguar merupakan pengembangan dari prosesor generasi Bobcat, Jaguar ini diharapkan akan memiliki kinerja yang lebih tinggi dan konsumsi daya yang lebih rendah dibanding seri sebelumnya. APU Jaguar membawa beberapa fitur kunci antara lain :

  • Single, dual atau quad-core Jaguar ULP (Ultra-Low Power).
  • Dibuat dengan proses yang lebih kecil, 28nm dan diklaim lebih hemat daya dibanding Atom dan ARM yang dibuat dengan proses 40nm.
  • Kinerja yang lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.
  • Dukungan fitur HSA (Heterogneous System Architecture).
  • Integrasi yang lebih kuat antara prosesor dan grafis sehingga lebih hemat daya.
  • Peningkatan kinerja grafis yang signifikan.

Seperti yang dilansir dari Hexus kemarin (19/07/2012), kehadiran prosesor APU Jaguar dari AMD ini diharapkan mampu memukul mundur Intel Atom sekaligus menarik pengguna ke tablet Windows 8 dari Windows RT yang berbasis ARM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda