Scroll to Top

18% Remaja Bakal Berhenti Berkomunikasi jika Media Sosial Ditutup

By Ibnu Azis / Published on Friday, 20 Jul 2012

Remaja dan media sosialSocial media atau media sosial ternyata sangat penting artinya bagi mereka dalam komunikasi. Sebab 18% remaja mengaku jika media rakyat ini ditutup, maka mereka tak mampu lagi berkomunikasi. Setidaknya ini menurut studi terbaru.

Sebuah perusahaan marketing email Aweber membeberkan hasil penelitian terbaru mereka. Studi ini dilakukan pada responden siswa menengah ke atas Amerika Serikat (AS) dan mahasiswa perguruan tinggi di negeri Paman Sam.

Dan hasilnya cukup mencengangangkan. 90% dari responden memiliki akun Facebook dan 93% dari mereka menggunakan ponsel yang mana juga mereka gunakan untuk berkirim email. 74% dari mereka adalah pengguna Youtube dan 47% dari mereka intens menggunakan Skype.

Hasil studi ini menunjukkan jika Facebook dan email mendominasi dalam aktivitas mobile remaja AS. Mereka selalu ‘menyentuh’ produk internet ini baik ketika bangun tidur, di dalam kelas, maupun ketika sedang liburan.

Menariknya, hanya 6% dari mereka yang bersedia mengganti email dengan surat ‘darat’ atau surat konvensional. Dan 18% dari mereka mengaku tak akan bisa lagi berkomunikasi bilamana segala perangkat media sosial tersebut ditutup.

Lantas bagaimana perilaku remaja dengan perangkat media sosial tatkala keseharian mereka, menurut studi ini, remaja sering mencek email tatkala bangun tidur, menggunakan ponsel tatkala dalam perjalanan, ber-Google+ ketika dalam kelas, mengakses Youtube setelah pulang sekolah.

Remaja juga masif menggunakan ponsel tatkala berkencan. Ingat, penggunaan ponsel tak hanya didominasi oleh SMS atau telepon. Email dan berjejaring sosial juga termasuk. Tatkala hendak terlelap, mereka gemar Skype. Dan ketika makan siang, remaja cenderung suka berkomunikasi face to face secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda