Scroll to Top

Kereta Api Motif Batik Madura Diluncurkan Oleh PT KAI

By C Novita / Published on Friday, 20 Jul 2012

kereta batik madura

Menjelang musim mudik lebaran pertengahan bulan Agustus mendatang, PT KAI Daops VIII atau wilayah Jawa Timur rencananya akan meluncurkan kereta api bermotif batik Madura.

Memang tidak semua gerbong kereta api yang akan diberi motif batik Madura, melainkan hanya pada gerbong restorasi atau kereta makan saja. Gerbong restorasi pada kereta Sancaka (Yogya-Surabaya), Gajayana (Malang-Jakarta), serta Argo Anggrek (Surabaya-Jakarta) saja yang nantinya akan bernuansa batik.

Pemilihan corak batik Madura tersebut beralasan, sebab Daop VIII letak geografisnya di Jawa Timur, di mana Pulau Madura berada. Selain itu, warna batik Madura yang cerah mencolok dengan pemilihan warna berani seperti merah, kuning, dan putih akan menarik perhatian penumpang.

Sri Winarto, Manager Humas PT KAI Daop VIII mengatakan seperti dilansir situs Kompas Rabu (18/7/2012),

“Kami lakukan ini sebagai bentuk edukasi pada generasi muda supaya semakin mencintai batik.”

Ke 3 gerbong restorasi kereta tersebut digarap pemasangan stiker corak batiknya di Depo Sidotopo Surabaya. Tidak hanya eksteriornya, bahkan interior kereta eksekutif tersebut terlihat cantik berhias batik.

kereta batik

Tidak terlihat terlalu ramai bertabur dengan motif, sebab corak batik Madura memang sederhana. Namun tetap elegan dan mewah, berbeda dengan gerbong lainnya.

Nah, Anda yang tujuan mudiknya ke arah Jawa Timur, silahkan menikmati kereta batik yang unik ini.

 

Sumber Kabarindo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda