Scroll to Top

Dell XPS 13, Ultrabook Baru dengan Sistem Operasi Ubuntu

By Baihaki / Published on Friday, 20 Jul 2012

dellxps13

Dell dikatakan akan membangun ultrabook kebanggaannya, Dell XPS 13, dengan sistem operasi Linux di dalamnya. Pihak perusahaan mengindikasikan bahwa rencana tersebut akan mereka laksanakan dalam sebuah proyek bernama Sputnik.

Proyek ini pun dimaksudkan untuk membawa para developer notebook Ubuntu ke pasaran. Dan, jika proyek ini berjalan lancar, ultrabook XPS 13 tersebut akan menggunakan distro Ubuntu 12.04LTS di dalamnya.

“Sejak kami mengumumkan proyek Sputnik kurang dari dua bulan lalu, kami selalu terkesan dengan jumlah dan kualitas ketertarikan serta inpun yang kami terima,” ujar Barton George yang merupakan pimpinan proyek Sputnik serta Direktur Web Vertikal Marketing Dell seperti dikutip dari Electronista.

Lebih lanjut, Barton mengatakan bahwa ultrabook ini akan diluncurkan di negara-negara tertentu. Sayangnya, hingga kini pihak Dell masih enggan ntuk menyebutkan negara-negara mana yang bakal dikunjungi oleh ultrabook ini.  Distro Ubuntu 12.04LTS sendiri dipilih oleh Dell karena distro ini dianggap sebagai distro yang paling mudah untuk digunakan. Selain itu, distro ini juga banyak menawarkan pilihan aplikasi maupun game yang bisa diunduh.

Dell XPS 13 ini sendiri merupakan salah satu keluaran ultrabook yang mendapat sambutan baik. Ultrabook ini dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7-2673M 2×1.7 GHz dan turbo hingga 2.8 GHz. Selain itu, ultrabook ini juga dilengkapi dengan Intel HD 3000 Graphics, RAM sebesar 4GB, layar 13.3 inci, SSD 256 GB dari Samsung serta baterai 6 cell.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda