Scroll to Top

Gooseberry, Komputer Mini Pesaing Raspberry Pi

By Ditya / Published on Saturday, 21 Jul 2012

Gooseberry

Kehadiran komputer mini dengan harga murah seperti Raspberry Pi tampaknya membuat latah banyak produsen perangkat keras. Setelah Intel menyusul dengan NUC-nya, kemudian ODROID-X dan kini hadir pesaing baru Raspberry Pi, Gooseberry.

Kini komputer mini Raspberry Pi mendapat pesaing lokal, karena komputer mini Gooseberry kabarnya juga berasal dari Inggris. Permintaan pasar akan komputer mini nan murah meriah ini sangat tinggi dan sempat membuat Raspberry kewalahan, hal ini dimanfaatkan Gooseberry untuk ikut terjun ke pasar untuk menhadirkan alternatif dari Raspberry.

Gooseberry ini memiliki spsesifikasi yang lebih tinggi dibanding Raspberry Pi. Gooseberry ditenagai oleh prosesor Allwinner A10 dengan kecepatan 1GHz. Prosesor Allwinner A10 ini juga digunakan di komputer mini lainnya seperti FXI Cotton Candy.

Tak hanya dilengkapi prosesor yang lebih cepat dibaning Raspberry, Gooseberry ini juga dilengkapi memoro RAM yang lebih besar, yaitu 512MB dan grafis yang dipercayakan pada Mali 400.

Komputer mini Gooseberry ini dilengkapi kapasitas penyimpanan internal sebesar 4GB dan menggunakan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Hal yang unik dari Gooseberry adalah komputer mini ini dapat di-overclock. Overclock sendiri adalah sebuah upaya atau modifikasi untuk meningkatkan kecepatan prosesor hingga batas titik stabil.

Sayangnya, Gooseberry ini tidak dilengkapi port LAN atau ethernet dan output video analog, namun hadir dengan fitur WiFi sebagai media konektivitas.

Komputer mini ini juga mendukung penggunaan sistem operasi selain Android, seperti Ubuntu linux dan Arch Linux. spesifikasinya yang cukup lumayan membuat pengguna lebih leluasa dalam memilih sistem operasi.

Seperti yang dilansir dari Tomshardware, Gooseberry ini dibandrol dengan harga USD $62 atau sekitar Rp. 500 ribuan, cukup murah bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda