Scroll to Top

Tips Menjaga Organ Intim Wanita

By Ilham Choirul / Published on Friday, 29 Jul 2011

Organ intim wanita memang perlu perawatan khusus. Selain sensitif, juga mudah sebagai jalan masuknya kuman melalui mulut vagina. Dengan organ intim yang sehat, dapat pula memicu kepercayaan diri saat berhadapan dengan pasangan.

Ada 11 cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga organ intim kewanitaan. UF Bagazi, pakar kebidanan dan kandungan dari Brawijaya Women & Children Hospital, mmbagikannya untuk Anda:

  1. Mengganti pembalut saat haid itu perlu, apalagi ketika ada darah yang keluar. Pembalut yang kotor bisa menjadi media pertumbuhan kuman yang mengancan kesehatan.
  2. Jika ingin membilas vagina, arahkan air dari vagina menuju anus (depan ke belakang) dan jangan sebaliknya. Hal ini untuk menghindari adanya kuman dari anus yang masuk ke vagina.
  3. Keringkan organ intim Anda dengan tisu atau kain bersih seusai buang air kecil. Ini untuk menjaga agar tidak lembab. Kenakan pula celana dalam yang menyerap keringat.
  4. Bagi wanita bertubuh gemuk, pastikan vagina dan sekitarnya kering dan tidak lembab. Kuman yang hinggap di lipatan kulit dapat menyebabkan gatal-gatal.
  5. Celana dalam perlu diganti minimal dua atau tiga kali sehari. Saat udara begitu panas, gantilah celana dalam begitu terasa lembab.
  6. Pastikan Anda mengenakan celana yang benar-benar kering. Jemur celana langsung di bawah sinar matahari untuk membunuh kuman. Celana yang lembab menjadi sarang bagi jamur.
  7. Mendeteksi kesehatan mulut rahim itu penting bagi wanita yang pernah melahirkan atau melakukan hubungan seks. Anda bisa lakukan pap smear setahun sekali.
  8. Istirahatlah dari berhubungan seks kala haid. Dinding rahim bisa luka jika nekad. Karena, waktu haid, dinding rahim cenderung mengalami pelunakan.
  9. Ubah kebiasaan buruk Anda menjadi gaya hidup sehat. Hindari stres dan jadilah wanita dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan seimbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda