Puasa Ramadhan 2012: Dasar Perintah Puasa Surat Al Baqarah Ayat 183

Marhaban Ya Ramadhan

Saat ini kita telah memasuki Bulan Suci Ramadhan, dimana setiap umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah berpuasa. Adapun perintah untuk berpuasa tertulis jelas pada Al-Qur’an Surat Al Baqarah ayat 183. Untuk menambah pengetahuan, mari bersama-sama kita pelajari isi kandungan surat Al Baqarah dan perintah berpuasa yang termuat di dalamnya.

Surat Al Baqarah yang terdiri dari 286 ayat itu, turun di Madinah yang sebahagian besar diturunkan pada permulaan tahun Hijrah. Kecuali ayat 281 diturunkan di Mina pada Hajji wadaa’ (hajji Nabi Muhammad s.a.w. yang terakhir).

Seluruh ayat dari surat Al Baqarah termasuk golongan Madaniyyah, merupakan surat yang terpanjang di antara surat-surat Al Quran.

Surat ini dinamai Al Baqarah, karena di dalamnya disebutkan kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah kepada Bani Israil (ayat 67 sampai dengan 74). Dimana dijelaskan watak orang Yahudi pada umumnya.

Surat ini dinamai Fusthaatul-Quran (puncak Al Quran), karena memuat beberapa hukum yang tidak disebutkan dalam surat yang lain. Dinamai juga surat alif-laam-miim, karena surat ini dimulai dengan Alif-laam-miim.

Berdasarkan isi Al-Qur’an terjemahan, adapun pokok-pokok isi dari Surat Al Baqarah antara lain memuat:

  1. Keimanan yakni Dakwah Islamiyah yang dihadapkan kepada umat Islam, ahli kitab dan para musyrikin.
  2. Hukum-hukum yakni perintah mengerjakan shalat; menunaikan zakat; hukum puasa; hukum haji dan umrah; hukum qishash; hal-hal yang halal dan yang haram; bernafkah di jalan Allah; hukum arak dan judi; cara menyantuni anak yatim, larangan riba; hutang piutang; nafkah dan yang berhak menerimanya; wasiyat kepada dua orang ibu bapak dan kaum kerabat; hukum sumpah; kewajiban menyampaikan amanat; sihir; hukum merusak masjid; hukum merubah kitab-kitab Allah; hukum haidh, ‘iddah, thalak, khulu’, ilaa’ dan hukum susuan; hukum melamar, mahar, larangan mengawini wanita musyrik dan sebaliknya; hukum perang.
  3. Kisah-kisah yakni kisah penciptaan Nabi Adam a.s.; kisah Nabi Ibrahim a.s.; kisah Nabi Musa a.s. dengan Bani Israil.
  4. Dan lain-lain seperti sifat-sifat orang yang bertakwa; sifat orang-orang munafik; sifat-sifat Allah; perumpamaan-perumpamaan; kiblat, kebangkitan sesudah mati.

Sementara itu perintah untuk berpuasa bagi umat Islam, secara jelas tertulis di dalam ayat 183 yang berbunyi:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”

Semoga dengan mengetahui isi kandungan Surat Al Baqarah dan perintah tentang berpuasa, semakin menambah keyakinan dan keimanan kita dalam menjalani puasa Ramadhan tahun ini.

Komentar Anda

Leave A Response