Scroll to Top

Tips Tetap Nyaman Saat Haid

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 21 Jul 2012

haid

Bagi wanita, hadirnya “tamu bulanan” seringkali menjadi hambatan. Pasalnya, perut terasa sakit dan mood ikut terganggu. Namun, kehadiran siklus haid ini juga menjadi pertanda bahwa seorang wanita masih punya kemampuan untuk hamil. Saat haid datang, dinding rahim luruh akibat sel telur tidak dibuahi oleh sperma. Yang perlu dilakukan adalah mampu berkompromi dengan kehadiran haid.

Dikutip Times of India, ada beberapa hal yang bisa dilakukan wanita selama proses haid berlangsung:

  • Melakukan diet sehat. Disarankan, kala wanita mengalami haid, banyak makan sayuran dan buah-buahan. Sayuran yang bisa dipilih yaitu jenis sayuran hijau. Sementara untuk buah, bisa makan jenis buah musiman. Fungsi kedua jenis makanan ini adalah untuk menjaga asupan cairan dalam tubuh. Bisa pula minum susu jika harus bekerja. Dan, hindari akan jenis makanan pedas dan berminyak.
  • Untuk menjaga lambung tetap sehat, lakukan olahraga secara teratur. Selain itu, tidurlah dengan cukup 7-8 jam tiap malam. Cara ini bisa untuk menghindarkan diri dari perut kembung dan bengkak akibat haid.
  • Dalam menjaga higienitas, gantilah pembalut setiap 4-6 jam. Jangan lupa mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukannya.  Pada kasus tertentu, mungkin muncul keluhan gatal, bau, debit darah tidak normal. Jika ini terjadi, segera konsultasikan kepada dokter.
  • Cuci dan keringkan bagian intim tiap hari. Ini bisa menghindarkan diri dari bau dan risiko terjadinya infeksi di sekitar vagina. Termasuk pula, ganti dan cuci celana yang dipakai dua atau tiga kali sehari agar bagian intim tetap kering.
  • Pakai pakaian yang nyaman. Pakaian ketat hanya membuat tersiksa. Pilih warna yang bisa memunculkan mood baik dan tenang. Misalnya kuning, biru muda, dan sebagainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda