Scroll to Top

Roberto Di Matteo: Chelsea Punya Dua Mesin yang Dinamis

By Naqib Najah / Published on Saturday, 21 Jul 2012

Chelsea menyambut Premier League musim 2012/2013 dengan banyak penyegaran di lini depan. Masuknya Marko Marin, Eden Hazard, dan pemain muda Chlesea lainnya diklaim Roberto Di Matteo sebagai kekuatan baru di kubu The Blues. Matteo mengatakan, kini Chelsea mempunyai dua mesin berbeda yang sama-sama kuat.

Roberto Di Matteo sepertinya tahu betul bagaimana membangunkan dinamisasi antar lini tanpa harus memunculkan kontroversi di dalam klub. Yakni dengan merombak beberapa pemain yang sudah di luar batas kematangannya, serta menyiapkan skuad muda sebagai lakon baru. Hal sama dilakukan Andre Villas-Boas di era kepelatihannya. Hanya saja, perombakan sporadis membuatnya jutsru lengser dari jabatan pelatih.

“Fakta mengatakan kita memiliki beberapa pemain muda yang lapar.

“Kami menjadi lebih muda, pemain mapan seperti Eden Hazard dan Marko Marin menjadi tulang punggung klub selama ini.

“Tapi tulang punggung tim ini tetap benar-benar penting. Petr Cech, John Terry, David Luiz, Gary Cahill, Branislav Ivanovic, Frank Lampard mereka akan penting dalam integrasi para pemain baru.”

Matteo benar-benar menerapkan porsi yang seimbang. Pelatih asal Italia itu tidak menampik kekuatan pemain muda yang cenderung agresif dan penuh semangat, begitu juga kekuatan mental dan ketenangan pemain-pemain senior.

“Ini semua tentang keseimbangan yang tepat antara menjadi kuat secara fisik dan mapan secara teknis.”

“Tugas saya sekarang adalah untuk memotivasi para pemain dan menemukan tim yang tepat untuk menatap setiap pertandingan liga.”

Nama Roberti Di Matteo menjadi cukup fenomenal mengingat kesuksesannya merebut Liga Champions muism 2011/2012 hanya dalam 11 minggu setelah masuk sebagai pelatih pengganti Andre Villas Boas. Hal tersebut menjadi sangat spesial mengingat trophi Liga Champions adalah puncak impian Roman ABramovich yang tidak pernah dihasilkan oleh pelatih-pelatih besar Chelsea sebelumnya.

“Kami membuat sejarah dengan sekelompok pemain yang sudah luar biasa bagi klub ini selama dekade terakhir. Prestasi yang akan selalu berdiri tidak peduli apa yang mungkin terjadi di masa depan.”

Mengenai kompetitornya, Manchester City, Matteo menangapinya dengan dingin:

“City telah melakukan apa yang kami lakukan pada tahun 2004, menandatangani banyak pemain dan mencoba untuk membangun tim.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda