Scroll to Top

Botnet Grum Dilumpuhkan, Spam Di Seluruh Dunia Berkurang 50 Persen

By Baihaki / Published on Saturday, 21 Jul 2012

spam

Berkat aksi untuk melumpuhkan software spammer Grum botnet, jumlah email spam diyakini berkurang drastis. Menurut seorang senior scientist di FireEye, Atif Mushtaq, berkat lumpuhnya Grum, jumlah email spam yang kini ada di dunia berkurang sebanyak 50 persen.

Grum sendiri dikenal sebagai salah satu software spammer terbesar di dunia. Setiap harinya, Grum bisa menghasilkan tak kurang dari 18 miliar email. Botnet ini pun dikenal memiliki sebuah sever yang disebut ‘command and control’. Jumlahnya juga tidak satu server, beberapa di antaranya terletak di Rusia, Panama dan Belanda.

Pada Selasa lalu, sebuah ISP di Belanda berhasil mematikan dua server Grum. Selanjutnya, server yang berada di Panama juga berhasil dilumpuhkan. Dan, tinggal satu server di Rusia yang bertugas untuk lakukan koordinasi seluruh Grum.

Menyadari servernya sedang di serang, pemilik server Grum pun melakukan tindakan penanggulangan. Mereka memasang 7 pusat kendali server yang ada di Risia dan ukraina. Untungnya, para ahli keamanan komputer berhasil memblokir langkah tersebut. Mushtaq pun mengatakan bahwa dirinya yakin Grum telah dilumpuhkan sepenuhnya.

“Kami yakin bahwa itu tidak bisa pulih kembali. Saya telah memonitor Grum selama empat tahun. Dari awal kami tahu bahwa Grum tidak memiliki mekanisme untuk bangkit kembali,” Jelas Musthaq seperti dikutip dari CNN.

Grum sendiri dikenal sebagai sebuah spammer yang pertama kali dideteksi pada tahun 2008. Pada saat itu, malware ini berhasil menginfeksi ratusan ribu komputer di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda