Scroll to Top

Syria Tutup Akses Internet Selama 40 Menit

By Baihaki / Published on Saturday, 21 Jul 2012

akses internet

Pemerintah Syria nampaknya berusaha untuk melakukan langkah pencegahan terhadap potensi terjadinya revolusi di negara tersebut. Baru-baru ini, pemerintah Syria dikabarkan tengah melakukan uji coba pencabutan akses internet yang berlangsung selama 40 menit.

Dikutip dari Zdnet, terdapat 61 jaringan internet yang menggunakan perusahaan telekomunikasi negara Syrian Telecommunications Establishment (STE) sempat offline selama 40 menit. Selain itu, terdapat lima jaringan lain yang menggunakan jaringan milik perusahaan Tata tidak terkena dampak penutupan akses internet tersebut.

Dan, yang cukup menarik, di antara jaringan yang tak terkena dampak penutupan internet tersebut ternyata menyimpan sebuah aplikasi Skype palsu yang kemungkinan digunakan untuk menyerang para aktivis oposisi. Selepas penutupan akses internet selama 40 menit tersebut, akses internet di Syria kini telah pulih.

Penutupan akses internet untuk menanggulangi masalah kekerasan bukanlah hal yang baru. Sebelumnya, Mesir dan Tunisia yang merupakan negara tetangga dari Syria pernah melakukan hal serupa. Langkah tersebut dilakukan karena para aktivis menyuarakan pendapatnya melalui jejaring sosial untuk mengorganisasi protes.

Tak menutup kemungkinan langkah serupa bakal dilakukan oleh pihak Syria. Namun, Renesys yang merupakan salah satu perusahaan pengamat internet mengatakan bahwa hal tersebut sangat kecil. Mereka beranggapan bahwa pemerintah Syria menyadari betapa pentingnya internet. Mereka bisa menggunakan jaringan internet untuk mengamati pergerakan para aktivis oposisi.

Saat ini, Syria memang tengah mengalami kerusuhan besar. Bahkan, akibat kerusuah tersebut, terdapat beberapa negara yang harus menarik para duta besarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda