Scroll to Top

Real Madrid Berbelanja 125 Juta Euro di Era Jose Mourinho

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 22 Jul 2012

Real Madrid 9

Sejak kehadiran Jose Mourinho di Santiago Bernabeu, Real Madrid berbelanja sebesar 129,5 juta Euro. Jumlah ini digunakan untuk mengejar sembilan pemain. Mulai dari Angel Di Maria hingga Fabio Coentrao.

Pembelian pertama Real Madrid era Jose Mourinho adalah Angel Di Maria. Sayap Benfica ini diberi beban transfer sebesar 25 juta Euro. Harga mahal untuk seorang pemain muda, namun menjadi salah satu pembelian terefektif Los Blancos era The Special One jika melihat deretan assistnya dalam dua musim terakhir.

Berbarengan dengan Di Maria, Madrid juga memetik keuntungan dari pembelian Mesut Ozil dan Sami Khedira, duo belia asal Jerman. Dengan total harga 27 juta Euro, Los Blancos menemukan para pemain kunci di lini tengah mereka setidaknya hingga enam-tujuh tahun ke depan.

Dua ‘kesalahan’ transfer pada musim pertama Mou, ada pada sosok Ricardo Carvalho dan Pedro Leon. Carvalho sudah cukup uzur, dan cuma bertahan setahun sebagai kerangka tim utama. Kini, di musim ketiga Jose Mourinho, Los Merengues masih mencari sosok bek kanan untuk menjadi bintang kesebelas di galaksi Real Madrid.

Akan halnya Pedro Leon, dengan harga rata-rata untuk klub sekelas Real Madrid, pemain ini gagal beradaptasi. Ia cuma enam kali tampil  sepanjang musim 2010-2011.

Real Madrid 8

Musim kedua Jose Mourinho, pembelian para pemain bisa dibilang cukup negatif. Nuri Sahin (10 juta Euro) dan Hamit Altintop (free transfer) cuma menjadi pelengkap klub. Raphael Varane (10 juta Euro) terlalu muda untuk menjadi pelapis deretan bek kenyang pengalaman Los Blancos.

Fabio Coentrao dianggap terlalu mahal. Harga 30 juta Euro untuk membawa pemain Portugal ini terlalu berat untuk kontribusinya sepanjang musim.

Satu yang ‘menyelamatkan’ strategi transfer Madrid musim lalu adalah Jose Callejon. Jebolan Real Madrid Castilla yang sempat melanglang La Liga ini menjadi kartu truf saat Los Merengues terdesak. Dengan harga murah (5 juta Euro) dan usia yang masih muda, Callejon bisa mengobati kerinduan Madridistas tentang sosok jebolan produk mereka sendiri di tim utama Real Madrid.

Kini, hingga sebulan menjelang kick-off perdana Los Merengues di La Liga, Real Madrid seperti sedikit alergi belanja. Bahkan di luar kebiasaan, sudah ada surplus 7 juta Euro di kantong kubu Santiago Bernabeu berkat penjualan Hamit Altintop dan Fernando Gago.

Kalau ada pemain-pemain anyar yang ditarik, kita tinggal menunggu setahun berikutnya untuk mengetahui. Apakah belanja musim panas ini sesukses musim panas tahun 2010 atau meranggas seperti musim panas 2011.

Musim 2010-2011

Nama Klub Harga Posisi
Ángel di María Benfica €25M Gelandang
Pedro León Getafe €10M Gelandang
Sami Khedira VfB Stuttgart €12M Gelandang
Ricardo Carvalho Chelsea € 8M Bek
Mesut Özil Werder Bremen €15M Gelandang

Musim 2011-2012

Nama Klub Harga Posisi
Nuri Sahin Borussia Dortmund €10M Gelandang
José Callejón Espanyol €5M Gelandang
Raphaël Varane Lens €10M Bek
Fábio Coentrão Benfica €30M Bek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda