Scroll to Top

BlackBerry 10 Akan Dilengkapi Fitur Voice Command Mirip Siri

By Ditya / Published on Sunday, 22 Jul 2012

os blackberry 10

Sejak munculnya fitur asisten pribadi bernama Siri di Apple iPhone 4S seakan membuat vendor lain latah untuk menghadirkan fitur serupa, sebut saja Samsung S-Voice, LG Quick Voice dan kini RIM BlackBerry tertarik mangaplikasikan fitur voice command mirip Siri ke sistem operasi terbaru mereka yang saat ini sedang digodok, BlackBerry 10.

Fitur perintah suara atau asisten pribadi ala Apple Siri ini seakan menjadi tren dan standar baru untuk smartphone masa kini. Dan kini Research In Motion (RIM selaku pembesut BlackBerry ini juga kepincut mengaplikasikan fitur serupa ke platform BlackBerry 10.

Fitur voice command ala Apple Siri ini muncul di update terbaru sistem operasi BlackBerry 10 alpha yang telah dirilis untuk para pengembang. Fitur voice command di BlackBerry 10 ini juga masih dalam tahap eksperimen.

Berdasarkan sebuah video yang dirilis oleh Lucas Atkins dari N4BB, terlihat bahwa fitur voice command di BlackBerry 10 ini sangat mirip dengan Apple Siri, hanya saja voice command di BlackBerry 10 ini masih belum sempurna, perlu pengembangan lebih lanjut.

Seperti yang dilansir dari VentureBeat kemarin (21/07/2012), fitur voice command ala Siri ini dapat diakses melalui tombol play/pause pada unit ujicoba BlackBerry 10 milik N4BB, fitur ini juga belum memiliki antarmuka yang memadai untuk kemudahan penggunaan.

Setelah tombol play/pause ditekan, maka akan terdengar suara robot yang memerintahkan pengguna untuk mengatakan perintah setelah bunyi “bip”, dan setelah perintah diucapkan oleh pengguna, maka BlackBerry akan segera melaksanakannya.

Lucas Atkins mencoba fitur ini dengan memerintahkan voice command BlackBerry 10 untuk melakukan pencarian dengan kata kunci “BlackBerry”, maka fitur ini meresponnya dengan menghadirkan hasil pencarian dari web, BlackBerry App World dan hasil pencarian lokal dari perangkatnya.

Anda penasaran seperti apa voice command ala Siri di BlackBerry 10? Simak video berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda