Scroll to Top

Tips Menyukupi Kebutuhan Air Tiap Hari

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 22 Jul 2012

minum air

Tubuh memerlukan air yang cukup untuk mengoptimalkan kerjanya. Tubuh yang dehidrasi bisa menimbulkan masalah serius pada kesehatan. Misalnya, kepala pusing, peredaran darah kurang lancar, kulit kering, dan sebagainya. Idealnya, air yang harus dipenuhi oleh tubuh sekitar 8-10 gelas setiap hari. Itu bisa didapat dari air minum atau makanan yang berkuah.

Tidak setiap orang bisa minum air sebanyak itu. Namun, untuk menyukupi kebutuhan air ini, Anda bisa menyiasatinya dengan beberapa hal berikut ini agar tidak dehidrasi:

  • Segera minum segelas air begitu Anda bangun pagi. Ini juga bisa membuat Anda terjaga dari rasa kantuk setelah bangun tidur.
  • Bawalah sebotol air minum di tempat kerja dan terlihat oleh Anda. Biasanya seseorang akan tergoda untuk meminumnya. Dengan begitu, mungkin secara tidak sadar Anda telah menambah asupan cairan tubuh.
  • Minum air 30 menit sebelum makan. Selain berfungsi menambah cairan tubuh, Anda juga tidak akan serampangan makan begitu banyak makanan.
  • Agar tidak membosanan, Anda bisa menyampur air bening dengan perasan lemon atau jeruk nipis. Nafsu minum Anda bisa muncul dengan rasa dan aroma air minum yang berbeda. Selain itu, lemon menyehatkan bagi tubuh.
  • Buatlah tantangan dengan diri Anda sendiri. Misalnya, hari ini Anda berjanji harus minum air minimal¬† lima gelas setiap enam jam sekali. Kalau gagal, Anda harus menraktir makan salah satu teman. Tantangan seperti ini bisa membuat Anda bergairah untuk minum.
  • Tambahlah jumlah air yang Anda minum setiap hari. Misalnya, kemampua minum saat ini adalah enam gelas. Esoknya, Anda berkomitmen untuk minum tujuh gelas per hari selama satu minggu. Dengan menambah jumlah air yang diminum secara perlahan, bisa membuat Anda terbiasa minum dengan cukup.
  • Lakukan perubahan pada sikap mental Anda terhadap kegiatan minum air. Ubahlah persepsi di pikiran dengan mengatakan bahwa air minum harus dibiasakan demi kesehatan. Persepsi ini membuat Anda lebih bersemangat untuk minum.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda