Scroll to Top

Beltbag Segera Ditanam pada Mobil Mercedes-Benz

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 22 Jul 2012

beltbag

Produsen mobil Mercedez-Benz segera memberikan fitur keselamatan yang lebih baik dalam produksi mobil terbarunya. Beltbag adalah fitur keselamatan tersebut dengan ujud sabuk keselamatan.

Sabuk ini sekilas seperti sabuk keselamatan umumnya. Namun, kala terjadi situasi benturan, maka ukurannya akan membesar sampai tiga kali lipat. Inilah yang kemudian memperkecil risiko cedera saat kecelakaan.

Fitur ini sebenarnya sudah diperkenalkan pada pameran  Experimental Safety Vehicle 2009. Rencananya, Beltbag diaplikasikan pada semua mobil premium besutan Mercedez-Benz.

Beltbag hanya akan dipasang untuk penumpang belakang. Mercedez-Benz sengaja tidak menyematkannya pada penumpang depan lantaran dua jok depan sudah dilengkapi dengan fitur airbag. Selama ini kantong udara hanya ada untuk penumpang depan. Tapi, kali ini, Mercedez-Benz coba memberikan pencegahan dari cedera pada semua penumpang.

Dalam pengoperasiannya, Beltbag diatur lewat unit kontrol airbag. Dengan unit ini, Beltbag seketika mengembang jika terjadi benturan dari sisi mana pun. Semua berjalan secara otomatis. Bagian tulang rusuk penumpang, terutama, bisa terhindar dari tusukan material mobil yang mungkin mencerai saat kecelakaan. Penumpang tinggal memasang sabuk ini seperti pada sabuk keselamatan konvensional.

“Fitur berteknologi canggih ini tidak hanya akan menjadi fasilitas standar di semua seri model, tapi juga di semua bangku belakangnya,” kata Rodolfo Schöneburg, kepala bagian Fungsi Kendaraan dan Keselamatan Pasif Mercedes-Benz Cars, seperti dikutip DapurPacu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda