Scroll to Top

Hasil F1 GP Hockenheim Jerman: Fernando Alonso Tampil Sempurna

By Rheza Fadhlillah / Published on Sunday, 22 Jul 2012

Fernando-Alonso wins Jerman GP 2012

Fernando Alonso keluar sebagai pemenang F1 GP Hockenheim Jerman setelah tampil sempurna dalam meredam ancaman yang dilancarkan oleh Sebastian Vettel dan Jenson Button di sepanjang lomba.

Alonso yang memulai lomba dari posisi pole nyaris tidak tersentuh meski beberapa kali lawan-lawannya tersebut berusaha untuk mengejar. Strategi ban serupa yang diterapkan tiga pembalap terdepan membuat perebutan posisi pimpinan lomba menjadi ketat.

Beberapa kali aksi saling susul mewarnai pertarungan dibelakang Alonso oleh Button dan Vettel. Namun tidak satu pun dari kedua pembalap tersebut berhasil menyalip Alonso.

Kejadian mengherankan sempat terjadi dipertengahan lomba. Lewis Hamilton yang seharusnya berposisi sebagai pembalap yang dioverlap, mampu menyalip Vettel yang berada pada grup terdepan.

Hal itu ternyata diperbolehkan selama catatan waktu Hamilton memang lebih cepat dari pembalap didepannya. Hamilton pun sempat berusaha menyalip Alonso sang pimpinan lomba, namun usahanya tersebut gagal.

Sayangnya aksi Hamilton berlangsung anti klimaks setelah ia memutuskan untuk memakirkan kendaraanya di garasi dan keluar dari lomba akibat kerusakan elektronik.

Alonso akhirnya keluar sebagai pemenang diikuti Vettel di posisi kedua dan Button di posisi ketiga. Akan tetapi aksi ilegar Vettel menyalip Button pada putaran terakhir jelang bubar lomba hingga saat ini masih diinvestigasi oleh pengawas lomba.

Posisi keempat menjadi milik Kimi Raikkonen diikuti duo Sauber, Kamui Kobayashi dan Sergio Perez, di posisi lima dan enam secara berurutan. Kredit tersendiri bagi Perez yang secara luar biasa mampu naik 11 posisi dari posisinya di awal lomba.

Memulai lomba dari posisi ketiga tidak menjamin apa-apa bagi Michael Schumacher. Meski sempat menebar ancaman kepada suksesornya, Vettel, pada awal lomba, posisi Scumacher semakin menurun hingga ia finis di posisi ketujuh.

Tiga posisi terakhir di sepuluh besar di huni oleh Mark Webber, Nico Hulkenberg, dan Nico Rosberg. Hulkenberg gagal menunjukan penampilan impresif didepan pendukungny sendiri sementara Rosberg tampil cukup gemilang dengan melesat naik 11 posisi setelah memulai lomba dari posisi 22.

Dengan hasil ini maka Alonso memperlebar keunggulan poinnya menjadi 34 poin dari Webber di posisi kedua dan 36 poin dari Vettel di posisi ketiga. Apabila aksi menyalip Vettel atas Button dinyatakan ilegal, maka Vettel harus rela kehilangan 8 poin di klasemen pembalap.

Hasil F1 GP Hockenheim Jerman :

  1.  Alonso Ferrari 1h31:05.862
  2.  Vettel Red Bull-Renault + 3.732
  3.  Button McLaren-Mercedes + 6.949
  4.  Raikkonen Lotus-Renault + 16.409
  5.  Kobayashi Sauber-Ferrari + 21.925
  6.  Perez Sauber-Ferrari + 27.896
  7.  Schumacher Mercedes + 28.960
  8.  Webber Red Bull-Renault + 46.900
  9.  Hulkenberg Force India-Mercedes + 48.162
  10.  Rosberg Mercedes + 48.889
  11.  Di Resta Force India-Mercedes + 59.227
  12.  Ricciardo Toro Rosso-Ferrari + 1:11.428
  13.  Massa Ferrari + 1:16.829
  14.  Vergne Toro Rosso-Ferrari + 1:16.965
  15.  Maldonado Williams-Renault + 1 lap
  16.  Petrov Caterham-Renault + 1 lap
  17.  Senna Williams-Renault + 1 lap
  18.  Grosjean Lotus-Renault + 1 lap
  19.  Kovalainen Caterham-Renault + 2 laps
  20.  Pic Marussia-Cosworth + 2 laps
  21.  De la Rosa HRT-Cosworth + 3 laps
  22.  Glock Marussia-Cosworth + 3 laps
  23.  Karthikeyan HRT-Cosworth + 3 laps

Retirements:

  • Hamilton McLaren-Mercedes 58

Foto: PlanetF1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda