Scroll to Top

PSSI: Pembentukan Timnas Ada Aturan Dan Mekanismenya!

By Agus Prasetyo / Published on Monday, 23 Jul 2012

Timnas Indonesia Juara

PSSI dalam situs resminya melansir tentang bagaimana sebuah Tim Nasional itu dibentuk. Standard umum yang berlaku di seluruh dunia dalam pembentukan tim nasional, ditentukan masing-masing negara anggota FIFA.

“Sesuai dengan kebijakan federasi negara yang bersangkutan. Jadi tidak semua tim yang berangkat ke luar negeri disebut timnas. Ada aturannya sendiri,” ungkap Tommy Rusihan Arief  seperti yang dilansir PSSI.

Menurut Tommy yang juga menjabat sebagai Derektur Media PSSI, bahwa pada PSSI juga sudah ada mekanisme pembentukan timnas mulai dari U-12 sampai timnas senior dengan penyeleksian yang ketat.

“Jadi harus dibedakan berangkat atas inisiatif sendiri atau sebagai timnas. Banyak yang salah kaprah soal ini. Semua pemain diseleksi secara nasional. Dari berbagai klub ataupun asal pemain. Kemudian terbentuklah tim nasional yang akan mewakili negara di event internasional,” jelas Tommy.

Jadi menurut Direktur Media PSSI ini, jika ada satu tim atau klub yang tidak melalui mekanisme seleksi nasional, itu bukanlah tim nasional.

“Pembentukan timnas punya standard dan mekanisme tersendiri. Bukan soal kalah atau menang. Tetapi soal standard regulasi”.

Seperti yang berlaku umum di semua negara, hanya timnas yang secara resmi mewakili negara di event internasional, sehingga lagu kebangsaan dan bendera negara boleh dikibarkan.

Timnas Indonesia Piala AFF 2010

Jika ada satu tim atau klub yang ditunjuk mewakili negara di event internasional, juga melalui mekanisme tertentu. Misalnya menjadi juara event nasional.

“Contoh, juara kompetisi liga profesional berhak mewakili Indonesia di Liga Champions Asia,” lanjut Tommy.

Jadi tim yang terbentuk tanpa mekanisme tersebut, tidak boleh disebut tim nasional. Apalagi menyebut diri mewakili Indonesia di event internasional.

“Hal seperti itu juga menyalahi standard regulasi yang berlaku umum di semua negara anggota FIFA,” tutup Tommy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda