Scroll to Top

Vanessa de Oliveira Telanjang untuk Protes Pembajakan eBook

By Baihaki / Published on Monday, 23 Jul 2012

vanessa de oliveira

Vanessa de Oliveira, seorang penulis buku asal Brazil melakukan aksi protes terhadap tingginya pembajakan eBook yang saat ini terjadi. Dia pun melakukan aksinya tersebut dengan berdiri telanjang di depan Government Palace Peru.

Dia mengatakan bahwa tindakan pembajakan terhadap eBook saat ini sudah cukup parah. Dan, protes dengan menyerukan kata-kata ‘No to Piracy’ dianggapnya belum cukup. Oleh karena itu dia pun memilih untuk melakukan langkah frontal.

Dikutip dari Zdnet, wanita yang pernah menjadi wanita panggilan tersebut meloncat dari belakang truk dan langsung berdiri di depan gedung Government Palace. Untuk menyuarakan aksinya, Oliveira pun menuliskan kata ‘No A La Pirateria’ berwarna merah yang berarti tidak pada pembajakan pada bagian tubuhnya sembari mengenakan kain hitam pada bagian punggung.

“Saya melakukan hal ini agar buku saya tidak dibajak lagi di manapun di seluruh dunia. Sebuah negara dibangun dengan kebudayaan, dengan buku. Pembajakan buku membahayakan kebudayaan. Negara inilah tempat pertama saya melihat fenomena tersebut. Di Brazil, tidak ada buku yang dibajak. Apa yang saya lihat di sini sungguh memalukan,” ujar Oliveira.

Oliveira mengaku, bahwa peristiwa pembajakan di Peru sangatlah parah. Sebagai contoh, dia mengatakan bahwa bukunya yang baru saja diluncurkan dalam acara International Book Fair sudah bisa ditemui secara ilegal 14 jam setelahnya. Dia pun sempat mengadukan hal tersebut kepada pihak kepolisian, namun ternyata hal tersebut sia-sia. Sayangnya, dia tidak menyebutkan judul buku miliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda