Scroll to Top

Lionel Messi Akan Mencetak Berapa Gol Musim Ini?

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 23 Jul 2012

Lionel Messi

Dalam empat musim terakhir, jumlah gol yang dicetak Lionel Messi selalu melesat dan terus melesat. Semestinya, andai Tito Vilanova tidak banyak mengubah skema permainan tim, King Leo akan kembali menjadi raja gol musim ini. Masalahnya, berapa gol yang akan dibuatnya?

Musim 2007-08 adalah musim terakhir Lionel Messi mencetak kurang dari 20 gol dalam semusim. Kala itu, sang mesiah masih bermain di Barcelona era Frank Rijkaard. Messi, yang menjadi bayang-bayang Ronaldinho, mencetak 16 gol dari 40 penampilan. Posisinya pun tidak seistimewa sekarang. Si nomor 19 bisa dimainkan sebagai gelandang serang, sayap kanan, atau sayap kiri.

Musim 2008-09, ketika Pep Guardiola menguasai Camp Nou, posisi Messi ditarik lebih maju. Para penyerang difungsikan sebagai sayap, dan aliran bola diarahkan kepada pemain yang memiliki akurasi tembakan sangat tinggi ini. Alhasil, kita melihat sosok King Leo yang berbeda. 38 gol dibuat dari posisi barunya.

Belum cukup, jumlah ini bertambah dan terus bertambah dari musim ke musim. 2009-10, gol Messi mencapai angka 47. Musim berikutnya, angka itu naik lagi hingga ke jumlah 53.

Ketika para penyerang lain bermimpi mampu mencetak maksimal 50 gol, Messi kembali menciptakan standard yang terlalu tinggi. Musim lalu, ia mengakhiri kompetisi dengan 73 gol dari 60 pertandingan.

Semestinya, andai semua ‘berjalan’, jumlah gol King Leo musim ini bisa lebih dari angka 73. Meskipun terlihat muluk, hal ini bisa tercapai dengan dua syarat.

Pertama, ketajaman Lionel Messi di Camp Nou bisa setara dengan musim lalu, yang rata-rata mencetak 2 hingga 3 gol dalam setiap laga kandang. Kedua, sang nomor 10 harus lebih tajam di partai tandang. Inilah titik lemah Messiah musim lalu, sekaligus penyebab Barcelona kehilangan banyak angka dalam partai di luar Camp Nou.

73 gol dalam semusim seolah hanya ada dalam negeri impian. Namun, Lionel Messi membuktikan bahwa ia mampu berbuat banyak musim lalu. Kini, kira-kira berapa gol yang akan dibuat King Leo dalam semusim? Silakan tulis di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda