Scroll to Top

Gerakan Wajah Akan Jalankan Fungsi Kendaraan

By Ilham Choirul / Published on Monday, 23 Jul 2012

dashboard

Mengendarai mobil bakal semudah mengoperasikan ponsel. Baru-baru ini di Jerman, telah ditemukan sebuah sensor yang mampu mengenali gerakan wajah untuk mengendalikan berbagai fungsi kendaraan. Temuan ini ibarat menggunakan gerakan wajah seperti alat remote control. Pengemudi tidak perlu lagi menggunakan tangannya untuk menjalankan berbagai fitur yang ada di mobil.

Hans Roth, direktur teknologi yang membuat terobosan ini mengatakan, percobaan telah dilakukan dengan menggunakan kedipan mata manusia. Komputer akan membedakan antara kedipan spontan dengan kedipan yang merupakan sinyal perintah. Lalu, kedipan akan diproses oleh sensor infra merah, kemudian berlanjut ke sistem komputer untuk diterjemahkan maksud dari perintah yang diberikan itu.

Pada percobaan itu, peneliti berhasil menggunakan kedipan mata untuk menjalankan pemutar musik, baik menyalakan atau mematikan. Sementara untuk mengatur volumenya, pengendara memberikan perintah dengan memiringkan kepala ke kanan atau ke kiri.

Alat ini juga diintegrasikan untuk perangkat pendingin udara atau AC.  Caranya, cukup menggerakkan tengan ke atas dan bawah pada batang persneling.  Lalu, kalau ingin menelepon, pengemudi bisa memberikan gerakan tangan seperti sedang  menelepon dan menyebutkan nama yang hendak ditelepon.

Dalam penerapannya, sensor ditempatkan pada dashboard mobil. Perangkat ini segera bekerja secara otomatis. Dan, teknologi besutan Harman ini rencananya siap dipasarkan maksimal dalam jangka waktu tiga tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda