Windows-8-Store

Sistem operasi tercanggih Microsoft membawa sebuah toko aplikasi bernama Windows 8 Store yang dilengkapi fasilistas untuk mencoba aplikasi atau perangkat lunak untuk melihat apakah pengguna benar-benar ingin membelinya. Fitur ini disebut “try before you buy”.

Selama ini memang sistem operasi Window tidak memiliki toko aplikasi resmi semacam iTunes App Store dan kini bersamaan dengan rilis sistem operasi barunya, Microsoft menciptakan toko aplikasi Windows 8 Store.

Sekilas fitur try before you buy tidak jauh berbeda dengan fasilitas trial yang ditawarkan oleh perangkat lunak berbayar namun fitur try before you buy ini mencoba dikemas lebih menarik oleh Microsoft.

Pengguna akan diberi waktu 7 hari atau 1 minggu untuk mencoba perangkat lunak yang diinginkan. Waktu 1 minggu ini dapat dimanfaatkan pengguna apakah dirinya memang benar-benar membutuhkan software tersebut atau tidak sebelum memutuskan untuk membelinya.

Microsoft menilai bahwa 7 hari atau 1 minggu adalah waktu yang lebih dari cukup untuk pengguna dalam menilai kebutuhan terhadap sebuah aplikasi atau perangkat lunak.

Sebenarnya fasilitas try before you buy ini bukanlah sebuah gabrakan baru, Android memiliki fitur yang serupa dengan try before you buy, hanya saja Android hanya memberi tenggang waktu 15 menit saja untuk mencoba aplikasi. 15 menit bukanlah waktu yang lama dan Microsoft menilai waktu sesingkat itu belum dapat menggambarkan keinginan pengguna.

Microsoft mengenakan biaya pada pengembang setidaknya USD $1,49 untuk aplikasi yang terdapat di Windows 8 Store atau sekitar 50% lebih banyak dari biaya yang dikenakan Apple sebesar USD $0.99.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone kemarin (23/07/2012), fasilitas try before you buy ini bisa ditiru oleh pesaingnya. Fasilitas try before you buy ini memang terlihat menarik bagi konsumen, namun dinilai memberatkan pengembang software .