Scroll to Top

Spanyol, Uruguay, dan Brazil Calon Kuat Peraih Emas Olimpiade 2012

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 24 Jul 2012

Spanyol

Sejak 26 Juli 2012 mendatang, 16 negara siap bersaing memperebutkan emas di cabang sepakbola Olimpiade London 2012. Spanyol, Uruguay, dan Brazil menjadi tiga kandidat kuat.

Cabang sepakbola pria di Olimpiade London 2012 memang kehilangan Argentina, peraih emas turnamen ini empat tahun lalu. Namun, bukan berarti cabang ini kehilangan gereget. Banyak negara yang benar-benar serius memasang skuad pilihan untuk menjadi yang terbaik di Olimpiade kali ini.

Sebutkanlah Spanyol. Pasukan Luis Milla memiliki para pemain yang sudah akrab di telinga. Ya, keberhasilan regenerasi pemain yang berkelanjutan di Liga Spanyol membuat La Rojita berpotensi membawa kemeriahan.

Siapa yang tidak mengenal Jordi Alba (Barcelona) atau anak-anak Athletic: Javi Martinez, Ander Herrera, dan Iker Muniain? Otak serangan seperti Juan Mata (Chelsea) atau Isco (Malaga) juga dikenal memiliki visi yang senantiasa merepotkan tim yang menghadapi keduanya.

Apalagi, dua wakil negara mereka di dua kompetisi berbeda, sukses di pertengahan tahun ini. Tim senior Spanyol berhasil menjadi yang terbaik di Euro 2012. Sementara, Spanyol U-19 juga meraih hal serupa di European Championship U-19.

Brazil, datang ke Olimpiade dengan bintang-bintang gemerlap. Mulai dari Thiago Silva yang baru pindah ke PSG, Marcelo (Real Madrid), Lucas Moura, hingga remaja 20 tahun yang disejajarkan dengan Lionel Messi, Neymar.

Motivasi anak asuh Mano Menezes dipastikan berlipat. Adalah sebuah keanehan tersendir jika Brazil yang memenangi Piala Dunia lima kali, tak pernah meraih emas Olimpiade. Prestasi terbaik mereka adalah dua kali medali perak.

Satu peserta lain yang layak diunggulkan, adalah Uruguay. Mereka memasukkan dua penyerang maut, Luis Suarez dan Edinson Cavani. Uruguay benar-benar memanfaatkan hak memainkan 3 pemain senior non U-23 dalam Olimpiade kali ini.

Dengan kapasitas Suarez dan Cavani, lawan-lawan mereka di Grup A, termasuk tuan rumah Britania Raya yang terkesan apa adanya, rasanya bukan halangan berarti bagi Uruguay untuk bergerak jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda