Scroll to Top

Alergi Telur Bisa Diatasi dengan Konsumsi Telur

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 24 Jul 2012

telur

Tidak semua orang cocok untuk makan telur. Mereka ada yang tidak tahan dengan protein yang ada di dalamnya. Efeknya adalah muncul reaksi alergi. Contohnya adalah muncul gatal-gatal atau keluar bisul. Tetapi, temuan dari University of North Carolina School of Mendicine mengakan, obat yang efektif untuk mengatasi alergi telur yaitu dengan memakan telur itu sendiri.

Mungkin ini terlihat tidak masuk akal. Dalam asumsi, jika makan telur tetap dilakukan oleh orang yang mengalami alergi telur, maka reaksi alergi bakal lebih parah. Namun, setelah peneliti mengujicobakan makan telur secara rutin pada relawan yang mengalami alergi telur, justru alergi itu bisa ditekan.

Sebanyak 55 relewan alergi telur dari kalanan anak-anak dilibatkan dalam studi. Setiap hari, mereka diberikan makanan dari produk yang memiiki komposisi dari telur. Selama 22 bulan, mereka mendapat asupan tersebut yang porsinya tiap hari ditambah. Setelah itu diketahui, ada 75 persen anak yang menunjukkan tanda kesembuhan dari alergi terhadap telur.

Pengamatan  belum selesai. Setelah menjalani terapi selama 22 bulan itu, anak-anak mesti meninggalkan makanan berkomposisi telur selama satu bulan. Setelah itu, mereka kembali diberikan asupan makanan yang mengandung telur. Hasilnya, 28 persen anak-anak benar-benar tidak lagi mengalami alergi telur.

Menurut Dr. Wesley Burks, dari University of North Carolina, temuan ini menunjukkan perkembangan yang lebih baik dalam penanganan  terhadap alergi. Alergi telur memang banyak dialami anak-anak yang penderitanya mencapai 2,5 persen dari anak-anak sedunia. Namun, terapi ini belum bisa dijadikan standar dalam penanganan alergi secara  umum. Pada studi ini masih ditemukan sekitar 15 anak-anak yang terus mengalami alergi kala makan telur.

Penelitian ini diterbitkan dalam New England Journal of Medicine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda