Scroll to Top

Cristiano Ronaldo Musim Ini Akan Menjadi Top Skor Kelima Real Madrid Sepanjang Masa?

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 24 Jul 2012

Cristiano-Ronaldo

Jika Cristiano Ronaldo mampu mengulangi kesuksesan musim lalu kala mencetak 60 gol di seluruh kompetisi, ia dipastikan akan melejit ke peringkat kelima dalam daftar top skor Real Madrid sepanjang masa.

Tiga musim bergabung dengan Real Madrid, CR7 menunjukkan daya ledak yang nyaris tak akan bisa diulangi siapa pun. Cuma bermain 144 kali di semua kompetisi, Ronaldo mampu mencetak 146 gol.

Khusus di Liga Spanyol, produktivitasnya sangat mengerikan.  CR7 cuma merumput 101 kali bersama El Real. Namun, jumlah golnya sudah menembus angka 112. Angka inipun relatif.

Andai gol saat melawan Real Sociedad pada tanggal 18 September 2010 dihitung, jumlah gol Ronaldo saat ini sudah berada di angka 113. Sayang, meski Marca, harian yang bertanggungjawab memberikan hadiah trofi pichichi mengklaim gol tersebut berasal dari Ronaldo, pengelola La Liga dan UEFA memutuskan gol tersebut lebih layak diberikan kepada Pepe.

Lupakan kontroversi gol tersebut. Dalam tiga musim terakhir, di semua kompetisi, produktivitas gol CR7 selalu menaik. 33 gol di musim pertama, 53 gol di musim kedua, dan akhirnya 60 gol di musim ketiga. Maka, andai musim 2012-2013 ini Ronaldo sukses menambah minimal 60 gol seperti yang dibuatnya musim lalu, ia akan mengoleksi 206 gol di seluruh kompetisi.

Jumlah ini sudah cukup menggeser empat nama di atas Ronaldo, yang saat ini bercokol sebagai peringkat 6, 7, 8, dan 9 top skor Real Madrid sepanjang masa. Mereka adalah  Francisco Gento (179 gol dalam 599 laga), Pirri (171 gol dari 561 pertandingan), Emilio Butragueno (170 gol dari 463 laga), dan Amancio Amaro (155 gol dari 471 gol).

Bahkan, andai Ronaldo bisa mencetak tiga gol lebih baik daripada musim lalu, ia akan nangkring di peringkat kelima pencetak gol Los Blancos sepanjang masa. Saat ini, peringkat ini diduduki oleh Hugo Sanchez yang mencetak 208 gol dari 282 pertandingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda