Scroll to Top

Cara Mencegah Sembelit Saat Puasa Ramadhan

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 24 Jul 2012

toilet

Bagi sebagian orang, menjalankan puasa Ramadhan ada kalanya mengalami konstipasi sehingga perlu mengetahui cara mencegah sembelit. Penyebabnya adalah saluran pencernaan menjalani masa istirahat cukup lama dari subuh hingga datangnya waktu berbuka. Kondisi ini membuat usus tidak melakukan pekerjaan seperti biasanya. Akibatnya, makanan kurang terdorong dan menyebabkan sembelit.

Untuk  itu, perhatikan apapun yang Anda makan saat sahur dan berbuka. Jenis makanan perlu dipilah-pilih, terutama dari jenis serat,  agar sembelit tidak makin parah. Dan, perhatikan tips berikut ini agar terhindar dari sembelit sewaktu berpuasa:

  • Sebaiknya, makanlah kurma. Serat kurma sangat baik bagi pencernaan. Seratnya memiliki tekstur halus yang aman ketika melewati berbagai organ pencernaan. Makanan pun lebih mudah terdorong dalam usus. Untuk itu, jangan lewatkan makan kurma beberapa biji saat sahur dan berbuka.
  • Sediakan sayuran dan buah menu buka dan sahur. Serat dalam keduanya sangat baik mencegah sembelit. Selain itu, Anda juga akan merasakan kenyang lebih lama. Pasalnya, serat lebih lama dalam proses dicerna. Sisa makanan lebih mudah berjalan menuju saluran pembuangan.
  • Kalau kurang suka sayuran atau buah, puding dan agar-agar bisa dijadikan solusi. Kebanyakan terbuat dari rumput laut yang selama ini dikenal sebagai sumber serat yang baik. Saat dimakan untuk menu berbuka puasa, makanan ini bisa mengembalikan fungsi pencernaan yang sebelumnya beristiahat.
  • Terakhir, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Anda bisa minum 6-8 gelas air di antara waktu berbuka hingga sahur . Atau, Anda bisa penuhi sebagian kebutuhan cairan dengan makanan berkuah atau buah yang penuh dengan kandungan air. Untuk air putih, punya manfaat menjaga tubuh tetap terhidrasi sekaligus menjaga usus untuk terus bergerak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda