Scroll to Top

Apple Mengajukan Paten Keyboard Baru

By Ivan Azzam / Published on Friday, 29 Jul 2011

Satu lagi inovasi menarik dari Apple, kali ini keyboard tanpa tombol. Dikutip dari Geek, Apple baru-baru ini mengajukan hak paten yang garis besarnya mengenai sebuah keyboard datar dengan sensor dibawahnya dan bisa berubah-ubah tampilannya seperti layaknya keyboard di film Star Trek ataupun film fiksi ilmiah masa depan lainnya, dan diperkirakan jika ini terwujud akan menjadi virtual keyboard masa depan.

Meski Apple memang mengajukan berbagai paten menarik bukan berarti dalam waktu dekat teknologi tersebut muncul di pasaran. Pengajuan berbagai hak paten ini lebih mengarah ke teknologi yang sedang dalam uji coba ataupun tahap purwarupa (prototype).

Tentunya Apple bukan perusahaan pertama yang bekerja mengenai teknologi virtual keyboard. Beberapa perusahaan besar lain sudah membuat keyboard yang memiliki kamera, lalu keluar gambar proyeksi tombol virtualnya di tempat datar.

Namun keyboard Apple ini beda dari yang lain. Keyboard Apple ini lebih mirip dengan trackpad, yang menggunakan jari pengguna diatas keyboard dan memberi reaksi berbeda berdasarkan gerakan jari pengguna. Tentu keyboard ini akan sangat tipis ataupun keyboard kaca dengan grafis dengan layar dibawahnya.

Meski paten sudah diluncurkan, belum ada pengembangan lebih lanjut dari Apple, namun ini semua adalah kemungkinan bahwa keyboard masa depan Apple akan seperti itu adanya baik di desktop ataupun laptop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda