Scroll to Top

Senjata Rahasia Barcelona Musim 2012-2013

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 25 Jul 2012

Barcelona

Sebentar lagi, musim perburuan gelar akan kembali dimulai. Barcelona yang musim lalu dipecundangi Real Madrid di Liga Spanyol setelah berkuasa selama tiga tahun, bersiap untuk kembali bersaing dengan sang rival. Dan sebuah ‘taktik rahasia’ sepertinya tengah disusun oleh para pemain asuhan Tito Vilanova.

El Barca dikenal dengan ball possessions yang luar biasa. Umpan dari kaki ke kaki ala mereka, seperti tak mau berhenti mengalir. Para gelandang lawan dipaksa kewalahan untuk memotong alur bola.

Namun nyatanya, musim lalu, strategi ini tak terlalu ampuh. Meskipun bisa mengumpulkan 91 poin di Liga Spanyol, Blaugrana tetap kalah dari Real Madrid yang memperoleh 100 poin. Di Liga Champions, strategi ultradefensif Chelsea pun menamatkan perjuangan pasukan Catalan di semifinal.

Namun, klub mana pun dipastikan akan ciut nyalinya jika melihat video ini. Dalam sebuah sesi latihan, sambil berpegangan tangan, Lionel Messi, Javier Mascherano, Ibrahim Afellay, Dani Alves, dan Adriano mengontrol bola dengan kepala, saling mengumpan satu sama lain. Dan yang paling penting mereka melakukan trik ini layaknya pemain sirkus. Atau, sedikit mirip dengan kisah-kisah komikal seputar sepakbola.

http://www.youtube.com/watch?v=V8STbr-jDzw&feature=player_embedded

Maka, jangan terkejut jika Barcelona benar-benar mempraktikkan teknik “ball possessions terbaru” ini dalam pertandingan mereka musim ini. Hal yang akan membuat strategi parkir bus di depan gawang sepertinya akan sia-sia.

(Brooks Peck-Dirty Tackle)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda