Scroll to Top

Pesona Masjid Al-Akbar Surabaya, Masjid Terbesar Ke-2 Indonesia

By C Novita / Published on Wednesday, 25 Jul 2012

masjid Al Akbar surabaya

Surabaya punya sebuah masjid yang jadi kebanggan umat Islam di sana, yaitu Masjid Al-Akbar Surabaya (MAS). Masjid dengan kubah berwarna biru ini adalah masjid ke-2 terbesar di Indonesia, setelah Masjid Istiqlal, Jakarta.

Luas bangunannya mencapai 28.509 m2, berdiri di atas tanah seluas 11,2 hektar. Masjid Al-Akbar mulai dibangun sejak tahun 1996 dan diresmikan tahun 2000 oleh Presiden saat itu, K.H. Abdurrahman Wahid.

Hal unik yang terdapat di kompleks masjid yang selalu ramai tersebut adalah, terdapat sebuah menara dengan tinggi 99 meter yang melambangkan jumlah Asma’ul Husna atau nama-nama Allah SWT yang indah.

Menara Al Akbar

Pengunjung diperbolehkan naik hingga ke puncak menara, dengan sebuah lift yang memang disediakan untuk pengunjung atau wisatawan. Tentu saja Anda harus membeli tiket dahulu jika ingin menaiki menara tersebut. Harganya cukup murah, hanya Rp. 3.000 saja per orang.

Di atas menara ada sebuah kantin yang menyediakan berbagai jenis makanan ringan, untuk menemani Anda menyaksikan pemandangan kota Surabaya dari ketinggian.

Bagian dalam masjid tersebut pun mengundang decak kagum siapa aja yang masuk, sebab sangat indah. Langit-langit masjid dihiasi ornamen warna-warni ala Timur Tengah yang membuat mata tak bosan memandang.

Fasilitas di masjid tersebut pun lengkap, mulai dari perpustakaan, klinik kesehatan untuk umum, radio SAS yang menyiarkan dakwah Islam, dan sebuah perguruan tinggi Islami, wi-fi gratis, dll.

Di bulan Ramadhan kegiatan masjid ini makin padat saja, seperti menyediakan takjil gratis, berbagai macam kajian termasuk ngaji internet, juga I’tikaf.

Nah, mumpung Ramadhan masih panjang, sempatkan mengunjungi Masjid Al-Akbar yang menjadi kebanggaan kaum muslim ini, ya. Agar makin bersemangat puasanya.

 

Sumber masjidalakbar.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda