Scroll to Top

75 Persen Populasi Dunia Memiliki Handphone

By Baihaki / Published on Wednesday, 25 Jul 2012

mobile_phones

Pemilik handphone di seluruh dunia memang sangat banyak. Bahkan, dalam sebuah survey terbaru yang dilakukan oleh Bank Dunia, sebanyak 75 persen populasi dunia memiliki perangkat elektronik yang satu ini.

Selain itu, handphone-handphone yang ada di seluruh dunia memiliki langganan mobile sebanyak 6 triliun. Dengan perkiraan jumlah populasi seluruh dunia sebanyak 7 triliun jiwa, maka tak menutup kemungkinan bahwa satu handphone memiliki beberapa nomor yang berbeda. Terlebih saat ini banyak handphone yang datang dengan teknologi multi SIM card, dari handphone dual SIM card, triple SIM card hingga handphone dengan empat kartu.

Fakta menarik lain yang bisa ditarik dari survey tersebut adalah 5 triliun handphone-handphone tersebut berada di negara-negara berkembang. Dan, tak terkecuali di dalamnya adalah Indonesia. Hal inti tidak mengherankan. Terlebih di Indonesia sering terjadi antrean yang panjang jika terjadi peluncuran sebuah handphone baru. Sebagai contoh adalah peluncuran handphone BlackBerry 9790 Bellagio beberapa bulan lalu yang sampai membuat ricuh.

Faktor lain yang kemungkinan mempengaruhi tingginya konsumerisme handphone di negara berkembang adalah harga yang murah. Di Indonesia, kita bisa menemukan sebuah handphone yang dijual dengan kisaran harga Rp.100 ribu.

Selain itu, pelanggan dari negara-negara berkembang juga tidak hanya menggunakan handphonenya untuk keperluan telepon dan SMS. Para konsumen juga memakai handphonenya untuk mengatur bisnis baru dan sebagai gaya hidup. Sementara itu pemerintah memakai teknologi mobile sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat, seperti dalam hal pengiriman serta memperoleh feedback yang lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda