Share

Ramadhan

Dalam rangka memperkaya pengetahuan pada puasa ramadhan 2012, kita tentu berkeinginan untuk mencari artikel atau kultum ramadhan singkat di sebuah situs atau blog tertentu. Berikut ini 1o di antaranya.

Rumaysho.com

Pada situs ini, kumpulan artikel Ramadhan dikelompokkan dalam sembilan bagian, yaitu (1) seputar hukum puasa ramadhan, (2) serba-serbi ramadhan, (3) amalan di bulan ramadhan, (4) puasa syawal, (5) tips mudik penuh berkah, (6) salat tarawih dan witir, (7) salat idul fitri, (8) zakat fitrah, dan (9) zakat maal. Setiap artikel seputar hukum puasa ramadhan, didukung dengan hadits-hadits sahih yang membuat pembacanya mantap dan tidak ragu dalam menjalankan puasa. Artikel ramadhan pada situs ini bisa dikunjungi pada alamat berikut ini.

Muslim.or.id

Di situs ini, kumpulan artikel ceramah Ramadhan dikelompokkan dalam delapan bagian, yaitu (1) renungan ramadhan, (2) ru’yah hilal, (3) panduan puasa, (4) panduan tarawih, (5) qadha dan fidyah (6) sedekah di bulan ramadhan, (7) lailatul qadar, i’tikaf, dan nuzulul quran, serta¬† (8) kekeliruan seputar ramadhan. Pengelompokan ini memudahkan pengunjung untuk mendapatkan artikel yang benar-benar sesuai dengan topik yang dicarinya. Bagian paling menarik adalah bagian kekeliruan seputar ramadhan. Banyak amalan yang selama ini kita anggap benar, ternyata salah dan tidak memiliki dasar yang jelas. Kumpulan artikel ini bisa dilihat pada alamat berikut.

Konsultasisyariah.com

Sepertu situs lain, konsultasisyariah.com juga mencantumkan pembahasan khusus seputar ramadhan. Untuk memudahkan pembaca, kumpulan artikel puasa Ramadhan ini dikelompokkan dalam tiga bagian. Bagian pertama membahas awal puasa Ramadhan, bagian kedua membahas siapa saja yang boleh dan tidak boleh meninggalkan puasa, dan bagian berikutnya merinci hal-hal yang membatalkan puasa. Anda bisa membacanya di sini.

Artikelislami.com

Pada situs ini terdapat 13 artikel islami yang kebanyakan berisi masalah sehari-hari yang dihadapi selama Ramadhan. Hal-hal yang mungkin kita remehkan, semisal hukum berkumur dan bersiwak ketika puasa. Makruhkah ataukah tergolong membatalkan puasa? Artikel singkat ini dapat dibaca pada: link berikut.

Darussalaf.or.id

Pada situs ini, artikel yang berkaitan dengan ceramah Ramadhan, dikumpulkan bersama artikel-artikel lain yang masih berkaitan dengan bulan suci ini. Selain itu, darussalaf.or.id juga memadukan artikel-artikel tadi dengan artikel seputar Syawal dan Idul Fitri sehingga pembahasannya berkesinambungan. Orang yang telah mendapatkan ilmu di bulan Ramadhan, akan melanjutkannya dengan mengejar pemahaman seputar bulan Syawal yang sebenarnya merupakan ujian sesungguhnya bagi iman seseorang; apakah bertahan seperti Ramadhan atau di tengah jalan. Artikel seputar Ramadhan di darussalaf.or.id bisa dilihat dari alamat ini.

bersamadakwah.com

Di situs bersamadakwah.com kita dapat menyimak kumpulan ceramah Ramadhan yang sengaja disusun tepat untuk mengisi 30 hari sepanjang bulan puasa. Artinya, setiap hari, akan muncul satu ceramah Ramadhan yang dapat kita baca, maupun kita unduh. Kumpulan ceramah ini terdapat dalam alamat berikut Selain kultum Ramadhan, pada situs ini juga terdapat artikel-artikel lain yang mampu memperkaya pengetahuan islami kita di luar bulan puasa.

Media.isnet.org
Situs ini terkenal dengan artikel-artikel islaminya yang sangat kaya pengetahuan. Terkhusus bulan ramadhan, di media.isnet terdapat kumpulan Nasehat Rasulullah saw. menyambut bulan ramadhan. Kita bisa menelusurinya di situs ini, atau langsung mengunduh nasehat-nasehat ini (dalam bentuk power point). Alamatnya berikut.

Majlisasmanabawi.net

Situs blog ini memang hanya memberi beberapa artikel seputar Ramadhan. Namun, hal ini tidak mengurangi kualitas artikel di dalamnya, termasuk salah satu di antaranya, ciri-ciri malam lailatul qadar yang kemungkinan hadir pada malam-malam ganjil di 10 hari terakhir Ramadhan. Anda bisa membukanya pada alamat berikut.

Mumtazanas.wordpress.com

Dalam blog ini terdapat 42 artikel seputar Ramadhan, mulai dari masalah penentuan hilal hingga fungsi zakat fitrah. Uraian demi uraian disampaikan dengan terstruktur sehingga mudah bagi pembaca awam sekalipun untuk lebih mendalami hakikat Ramadhan. Kita bisa membukanya pada alamat berikut.

Pesantrenvirtual.com

Pada situs ini, pembahasan Ramadhan menjadi topik tersendiri, di samping masalah-masalah umat lain. Artikel seputar Ramadhan berjumlah 49 buah. Judul yang diangkat pun beragam. Mulai dari masalah hukum puasa, hingga renungan khusus, yang dapat dijadikan pelecut semangat umat Islam. Alamatnya adalah sebagai berikut.