Scroll to Top

Wah, Kota Shanghai Bakal Miliki 450 Hotspot Gratis

By Baihaki / Published on Wednesday, 25 Jul 2012

internet shanghai

Kota Shanghai Cina merencanakan untuk memenuhi kotanya dengan jaringan wireless gratis pada akhir tahun 2013. Dengan pelaksanaan program tersebut, salah satu kota terbesar di Cina tersebut ingin mengklaim dirinya sebagai smart city.

Dikutip dari Zdnet, sebagai langkah awal pemerintah kota Shanghai akan membangun 30 hotspot gratis. Para penduduk kota Shanghai pun bisa mengakses hotspot tersebut selama dua jam setiap harinya. Lokasi-lokasi tersebut antara lain adalah Stasiun Kereta Shanghai, the Bund, Trade Zone dan lain-lain.

Selanjutnya, pada akhir tahun 2012, pemerintah kota Shanghai merencanakan akan membangun total 300 hotspot gratis. Belum cukup sampai di situ, mereka juga akan menambahkan sebanyak 150 hotspot. Dengan begitu, pada akhir tahun 2013 kota tersebut akan mempunyai hotspot sebanyak 450 titik hotspot gratis.

Dikutip dari Wikipedia, kota Shanghai memiliki luas 6.340.5 kilo meter persegi. Kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 23 juta jiwa pada tahun 2010. Dengan banyaknya penduduk yang bermukim di kota tersebut, kota ini bahkan dikenal sebagai kota dengan akses internet terlambat di dunia. Dan, nampaknya pihak pemerintah ingin mengubah image tersebut.

Langkah ini hampir senada dengan kebijakan yang bakal dilakukan oleh pemerintah kota Beijing. Jika di Shanghai pemerintah bakal membangun WiFi gratis di tempat publik, maka di Beijing Anda bisa menemukan akses WiFi gratis di bus umum milik pemerintah.

Dalam pembangunan sarana internet gratis di bus umum tersebut, pihak pemerintah menjalin kerja sama dengan perusahaan China Mobile. Sayangnya, tak disebutkan kapan rencana tersebut akan direalisasikan.

Cina sendiri merupakan negara dengan tingkat kemajuan teknologi yang sangat pesat. Bahkan, pasaran handphone Cina dikenal sebagai pasaran handphone terbesar di dunia mengalahkan Amerika Serikat. Dengan kondisi seperti itu, tak heran jika banyak masyarakat Cina yang memiliki perangkat canggih dan tentunya membutuhkan akses internet yang sangat tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda