Scroll to Top

Sandal Jepit Ternyata Bisa Timbulkan Masalah Kesehatan

By C Novita / Published on Thursday, 26 Jul 2012

sandal jepit

Sandal jepit merupakan jenis alas kaki yang paling banyak digunakan dan terkesan santai dan nyaman. Karenanya tidak saja orang dewasa, anak-anak dan orang jompo pun menyukai sandal jepit.

Namun ternyata jenis sandal ini dapat menimbulkan masalah kesehatan juga lho, jika digunakan untuk berjalan dalam waktu yang lama. Hal tersebut diungkap oleh American Podiatric Medical Association.

Dokter spesialis tulang menjelaskan alasannya ; sandal jepit tak dirancang untuk meredam goncangan yang dialami oleh telapak kaki saat berjalan dalam waktu lama. Akibatnya seseorang akan lebih mudah terpeleset, juga sendi-sendi kaki tak mendapat topangan yang nyaman.

Apalagi jika sandal jepit digunakan untuk berolahraga dan mendaki gunung atau lokasi lain yang terjal. Resikonya bisa terjadi nyeri pada tapak kaki, pinggang dan punggung.

Juga menimbulkan masalah saraf yang merambat ke berbagai penyakit lain. Selain itu, dapat menyebabkan kejang atau kram pada kaki.

Karena itu sandal jepit tidak disarankan digunakan untuk berolahraga. Apalagi untuk mendaki gunung. Hal itu bisa menyebabkan kaki cedera.

Sesekali memakai high heels sebagai selingan bagi otot kaki, boleh juga dicoba. Memilih kualitas sandal jepit yang baik, ternyata bermanfaat bagi kesehatan kaki, sebab biasanya sandal jepit kualitas baik solnya lebih empuk dan memungkinkan getaran kaki saat berjalan dapat teredam.

 

 

Sumber vemale

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda