Scroll to Top

5 Hal Unik Seputar Cabang Sepakbola di Olimpiade

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 26 Jul 2012

Olimpiade 2012

Cabang sepakbola pria di Olimpiade London 2012 akan dimulai pada hari ini. 16 tim yang berlaga dalam empat grup, akan berebut medali emas. Spanyol, Brazil, dan Uruguay menjadi favorit juara karena menurunkan para pemain terbaik negara mereka dalam turnamen ini. Ada 10 hal unik seputar cabang sepakbola di olimpiade sepanjang sejarah.

1. Cabang Sepakbola di Olimpiade Lebih Tua daripada Piala Dunia

Piala Dunia adalah turnamen terakbar di planet bumi, tidak ada yang membantahnya. Namun, bicara masalah siapa lebih dahulu, Olimpiade lebih unggul. Cabang sepakbola sudah dipercobakan sejak Olimpiade Paris 1900 dan secara resmi digelar sejak Olimpiade London 1908.

2. Britania Raya Terakhir Kali Tampil Pada 1960

Di Olimpiade London 2012, ada yang menarik, yaitu kembalinya tim Britania Raya. Mereka sudah tidak berparsipasi selama 52 tahun. Terakhir kali, Britania Raya cuma duduk di peringkat ketiga Grup B pada  Olimpiade 1960.

3. Brazil Belum Pernah Meraih Emas Olimpiade

Juara Dunia lima kali ini masih ompong urusan merebut medali emas Olimpiade. Padahal, siapa yang meragukan kekuatan Brazil? Kini kesempatan menjadi yang terbaik, ada di tangan Neymar dkk.

4. Juara Bertahan Argentina Tidak Tampil di Olimpiade 2012

Empat tahun lalu Lionel Messi dkk. berhasil menjadi yang terbaik di China. Namun, kali ini tim tango muda justru gagal lolos kualifikasi. Argentina hanya kalah satu poin dari Uruguay sang peringkat kedua zona CONMEBOL, tapi cukup mengandaskan mimpi juara dua kali beruntun.

5. Hungaria dan Britania Raya adalah Pengumpul Medali Emas Terbanyak

Bukan Argentina, bukan Italia, bukan pula Spanyol. Hungaria dan Britania Rayalah yang menjadi pengumpul medali emas terbanyak di Olimpiade. Sudah tiga kali mereka mendapatkannya. Britania Raya terakhir kali menjuarai Olimpade pada 1920, sedang Hungaria pada 1968. Namun, jika dilihat dari ‘status resmi’, tiga medali emas Hungaria tak tertandingi. Karena, pada 1900 sepakbola belum disebut sebagai cabang ‘resmi’ di Olimpiade.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda