Scroll to Top

Real Madrid Castilla Menghasilkan 43 Pemain Timnas Spanyol dalam 40 Tahun

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 26 Jul 2012

Castilla

40 tahun berlalu sejak Real Madrid Castilla didirikan pada 1972. Lebih dari seratus pemain dipromosikan dari tim cadangan Los Blancos ini ke tim senior. Dan, predikat sebagai tambang emas bagi Castilla bukan hanya sekadar omong kosong. Sudah ada 43 pemain timnas Spanyol yang disumbangkan mereka.

Sejarah Castilla dimulai pada 1972. Ketika itu, AD Plus Ultra, klub amatir yang selama ini bekerjasama dengan Real Madrid sebagai klub ‘pemain cadangan’ Los Blancos, bubar jalan. Muncullah Castilla yang kala itu juga, mengganti posisi AD Plus Ultra di Tercera Division (setara dengan divisi empat). Tak butuh waktu lama, Castilla sudah meroket.

Kebetulan, di era 1970-an, belum ada peraturan bahwa klub cadangan sebuah tim (semisal Barcelona B, Real Madrid Castilla, Atletico Madrid B, dan seterusnya) dilarang tampil di Copa del Rey. Akibatnya, klub seperti Barcelona B dan Castilla, bisa berprestasi mengilap di Piala Raja.

Sejelek-jeleknya para pemain di tim cadangan dua klub raksasa tersebut, mereka toh tetap sangat berkualitas. Hasilnya, Castilla berhasil meraih final Copa del Rey 1979-80.

Difungsikan sebagai pembibitan para pemain muda, Castilla terus menunjukkan sensasi sejak awal kelahiran mereka. Produk unggulan dilahirkan untuk Real Madrid dan bahkan timnas Spanyol. Tak perlu menunggu waktu lama, Jose Antonio Camacho tercatat sebagai pemain Castilla pada 1973-1974. Dua tahun kemudian, ia menjadi pemain Castilla pertama yang sukses berseragam La Furia Roja.

Real Madrid Castilla

Sejak saat itu, banjir pemain andal dari Castilla tak terbendung. Sebutkanlah lima pahlawan lokal Real Madrid era 1980-an: Emilio Butragueno, Manolo Sanchis, Martin Vazquez, Michel, dan Miguel Pardeza.

Kelimanya adalah jebolan Castilla yang sukses membawa klub cadangan ini juara Segunda Division pada 1984. Sayang, mereka tidak bisa promosi karena faktor tim utama yang tak tersentuh degradasi di Primera Division.

Musim-musim berlalu, Castilla terus menjadi tambang emas. Khusus untuk Euro 2012, tercatat ada lima pemain timnas Spanyol yang berasal dari Real Madrid B ini.

Selain Iker Casillas dan Alvaro Arbeloa yang tampil untuk tim senior Los Merengues, ada tiga pasukan La Furia Roja yang tak berseragam kubu Santiago Bernabeu, tapi ditetaskan tim juniornya. Mereka adalah Alvaro Negredo (Sevilla), Juan Mata (Chelsea), dan Juanfran (Atletico Madrid).

Dan, sensasi Castilla masih akan terus berlanjut. Meski saat ini para pemain muda kesulitan melunakkan hati Florentino Perez, nama Alvaro Morata dan Jesus adalah perkecualian di musim 2012-2013.

Dan bila dinding Santiago Bernabeu masih terlalu tebal, pemain seperti Dani Carvajal (kini Bayer Leverkusen) masih terlalu layak menjadi calon bintang di klub selain Real Madrid.

Joselu Real Madrid Castilla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda