Scroll to Top

Apple iPad Kuasai 68% Pasar Tablet

By Ditya / Published on Thursday, 26 Jul 2012

iPad 3

Komputer tablet besutan Apple, iPad dikabarkan telah mendominasi pasar komputer tablet dengan menguasai 68% pasar tablet global. Penguasaan pasar iPad saat ini telah mencapai tingkat tertinggi sejak kuartal ketiga 2010 lalu.

Menurut Strategy Analitics (SA), produsen asal Cupertino tersebut telah berhasil menjual 17 juta iPad ke seluruh dunia pada kuartal yang berakhir di bulan Juni. Hal ini juga diumumkan ketika Apple mengumumkan laporan finansial dan peluncuran sistem operasi terbaru mereka, Mac OSX 10.8 Mountain Lion.

Sistem operasi yang merupakan pesaing kuat iPad, Android, penguasaan pasarnya relatif statis dan berada dikisaran 29% saja pada pasar tablet global di kuartak nkedua tahun 2012. 7,3 juta tablet berbasis Android telah terjual, angka ini telah jauh meningkat dibanding beberapa waktu lalu.

“Meskipun harapan yang tinggi bagi perusahaan-perusahaan seperti Amazon, Samsung, Acer, Asus dan komunitas Android belum menjadi ancaman serius di dominasi Apple pasar tablet,” jelas peneliti SA.

iPad sendiri memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh tablet Android sepertu user interface yang dinilai lebih intuitif, resolusi layar yang tinggi dan desain yang keren membuat tablet Android tidak dapat berbuat banyak.

“Desain hardware yang tidak spektakuler, serapan terbatas model seluler dan sedikitnya tablet yang dioptimalkan sesuai dengan layanan telah menjadi beberapa alasan utama untuk kinerja campuran Android sejauh ini.” tambah peneliti SA.

Bagaimana dengan tablet Microsoft? Tablet berbasis sistem operasi besutan Microsoft ini hanya menguasai 1 % dari pangsa pasar global tablet dan Microsoft tampaknya tak tinggal diam dengan kenyataan ini dengan menyiapkan tablet Microsoft Surface.

Seperti yang dilansir dari TGDaily kemarin (25/07/2012), pertumbuhan pasar tablet sedikit melambat kedepannya, namun diperkirakan jumlah tablet berbasis Apple iOS dan Android akan melampaui angka 780 juta unit pada tahun 2016 nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda