Scroll to Top

4 Item untuk Maksimalkan Fungsi Sosial Media Anda

By Aisyah Indarsari / Published on Friday, 29 Jul 2011

Sudah saatnya Anda memanfaatkan sosial media untuk lebih dari sekedar berbagi kabar berita dengan teman-teman Anda. Bagi Anda yang memiliki jiwa entrepreneur, bisa mulai berbisnis di jejaring sosial. Anda yang gemar menulis di blog pribadi atau mengorganisir web untuk kepentingan apapun, juga bisa memanfaatkan sosial media ini seefektif mungkin.

Berikut beberapa item yang dapat Anda pakai untuk dapat semaksimal mungkin memberdayakan sosial media bagi web atau blog Anda, seperti yang dikutip dari dreamgrow.com:

Tombol sharing

Tombol sharing sudah merupakan item yang wajib ada di setiap halaman web atau blog. Jika web atau blog Anda belum memilikinya, Anda lebih baik segera menambahkannya. Tombol-tombol tersebut memungkinkan pembaca untuk membagi konten halaman web Anda kepada teman-teman dalam akun jejaring sosialnya.

Tanpa Anda sadari, web atau blog Anda sangat mungkin sudah dibaca oleh lebih banyak orang dari yang Anda kira. Jika konten web atau blog Anda bernada bisnis, bukan tidak mungkin peluang Anda cukup besar untuk segera mendapatkan pelanggan dan meraup keuntungan.

YouTube

Cobalah unggah sebuah video melalui YouTube tentang apa yang Anda tawarkan, dan buatlah link menuju website Anda. Sebuah cara yang cukup unik jika Anda menawarkan sebuah produk. Lebih banyak target yang bisa Anda tuju mengingat media ini pangsa pasarnya di Indonesia sangat banyak. Dan Anda pun sudah selangkah lebih maju karena bisa memanfaatkan YouTube untuk fungsi yang lebih dari sekedar meng-upload moment pribadi Anda lagi, seperti melakukan lip sync sebuah lagu misalnya.

Demografi

Pastikan konten web atau blog Anda akan digemari kelompok umum yang jumlahnya pasti lebih besar dibandingkan jika Anda menarget kelompok tertentu. Misalnya saja, web atau blog tentang review musik akan lebih banyak penggemarnya dibandingkan jika Anda menampilkan konten tentang konstruksi kapal laut. Karena hal ini pasti juga berpengaruh pada lamanya waktu Anda melakukan pengerjaan website Anda. Jika ternyata hasil traffic nya tidak sebanding dengan waktu yang Anda habiskan untuk membuatnya, sia-sia saja kan pekerjaan Anda?

Dokumentasi

Pastikan Anda menyimpan atau setidaknya mempelajari efek yang mungkin timbul sebagai feedback dari web atau blog yang Anda publish. Beberapa platform website memiliki tool untuk dapat melacak jumlah dan lokasi pengunjung web atau blok Anda. Sebagian bahkan dapat menampilkannya dalam metrik yang canggih.

Atau sebagai tambahan, Anda dapat mengumpulkan data informasi feedback dari pengunjung Anda dengan sebuah kuesioner maupun survey. Bagi pengunjung yang memang sering datang ke dan familier dengan web atau blog Anda, mereka akan dengan senang hati mengisinya. Dan Anda dapat menentukan langkah selanjutnya dari feedback tersebut.

Nah, semoga tips diatas dapat membantu Anda membangun web dan blog yang sophisticated. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda