Scroll to Top

Safari 6, Browser Terbaru Besutan Apple Dirilis

By Ditya / Published on Thursday, 26 Jul 2012

Tab View Safari

Bersamaan dengan rilis sistem operasi terbaru Apple, Mac OSX 10.8 Mountain Lion, Apple juga merilis versi baru browser andalan mereka, Safari 6.

Di kalangan pengguna Windows, mungkin browser canggih besutan Apple ini tidak begitu banyak yang menggunakan, namun di habitat aslinya, Mac, Safari merupakan browser paling populer dan disukai oleh pengguna Mac.

Browser Safari 6 hadir dengan berbagai fitur baru yang inovatif dan juga beberapa perbaikan fitur lama seperti Smart Search Field, Offline Reading List, Do Not Track, Password Pane dan dukungan mesin pencari asal China, Baidu. Beberapa fitur spesial Safari 6 hanya akan hadir di Mac OSX 10.8 Mountain Lion. Secara umum fitur baru Safari 6 antara lain :

  • Unified Smart Search Field. Fitur ini menggabungkan search field dan address bar menjadi satu dan memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian atau langsung menuju alamat web tertentu dengan mengetikkan alamat web atau kata kunci pencarian di Unified Smart Search Field. Fitur serupa telah tersedia di browser Chrome.
  • Tab View. Tab View akan menampilkan overview dari setiap tab yang dibuka, hal ini memudahkan pengguna untuk melihat semua tab yang sedang dibuka. Fitur keren ini hanya hadir di Mac OSX 10.8 Mountain Lion.
  • iCloud Tab. Fitur ini memungkinkan pengguna membuka situs terakhir yang pernah di buka di Mac agar tersedia di Safari pada iPad, iPhone dan iPod Touch. Fitur ini tidak memerlukan fitur sinkronisasi dan hanya hadir di Mac OSX 10.8 Mountain Lion.
  • Built-in Sharing. Fitur ini memudahkan pengguna untuk berbagi apa yang ditemukan ke berbagai layanan jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook tanpa meninggalkan browser Safari. Pengguna dapat mengirim seluruh halaman web sebagai lampiran PDF atau hanya berupa tautan saja. Fitur ini hanya hadir di Mac OSX 10.8 Mountain Lion.
  • Peningkatan kinerja Browser. Browser Safari kini lebih optimal digunakan pada prosesor multicore. Mesin javascript Nitro milik Safari juga mampu mengoptimalkan prosesor multicore sehingga akses ke web lebih cepat. Safari juga memperbaiki dukungan terhadap CSS dan gambar 2D sehingga performa yang dihasilkan lebih baik.

Saat ini browser canggih Safari versi 6 ini hanya tersedia untuk sistem operasi Mac OSX, belum ada kejelasan dari Apple mengenai ketersediaan Safari 6 untuk Windows. Saat ini pengguna Windows harus puas dengan Safari versi 5.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda