Scroll to Top

Bubur India, Hidangan Wajib Buka Puasa di Masjid Jami’ Semarang

By C Novita / Published on Thursday, 26 Jul 2012

Bubur India masjid jami' pekojan

Selama bulan Ramadhan, ada kebiasaan yang sudah turun temurun berlangsung di Masjid Jami’ Pekojan, Semarang, yaitu pembagian bubur India saat buka puasa. Kebiasaan tersebut konon sudah berlangsung sejak awal masjid tersebut berdiri, tahun 1878.

Tak kurang dari 200-300 mangkuk setiap hari disediakan oleh para pengurus masjid yang juga sudah lama mewarisi resep pembuatan bubur India tersebut. Salah satunya adalah Mbah Ngatiman, yang usianya sudah 70 tahun.

Pengurus masjid itu sudah sedemikian lihainya memasak bubur India dalam sebuah panci berukuran besar, bersama lebih dari 4 orang rekannya, sehingga tak lagi perlu melihat resep.

Cara memasak bubur India ala Masjid Jami’ Pekojan adalah dengan menggodok beras dan air hingga menjadi bubur bersama 8 jenis rempah-rempah beraroma kuat yang  ditambahkan ke dalam bubur tersebut.

Rempah tersebut adalah cengkeh, serai, jahe, daun salam, daun pandan, wortel, kayu manis, juga sayuran. Bawang merah dan putih pun ditambahkan agar rasa bubur India jadi lengkap.

Dilansir oleh Suara Merdeka, perlu waktu 1.5 jam untuk memasak sepanci besar bubur yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Biasanya mulai dari pukul 12.00 siang atau usai dhuhur, hingga menjelang waktu sholat ashar.

Masyarakat yang menikmati bubur tersebut tak hanya berasal dari sekitar daerah masjid saja, bahkan juga dari luar kota.

Butuh 18 kilo beras setiap hari, berikut berkilo-kilo rempah pelengkap untuk meraciknya. Dana untuk memasak beratus mangkok bubur menu buka puasa tersebut adalah swadaya dari masyarakat yang ikhlas menyumbang.

Anda tertarik mengicipi rasa lezat bubur India Masjid Jami’ Pekojan? Silahkan hadir ke sana saat bulan Ramadhan, terutama menjelang waktu berbuka puasa. Tapi harus buru-buru, kalau tak mau kehabisan.

 

 

Sumber suaramerdeka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda