Scroll to Top

Wah, Indonesia Punya Sungai Terpendek di Dunia

By C Novita / Published on Thursday, 26 Jul 2012

Sungai tamborasi, sungai terpendek di dunia

Menurut situs Wikipedia, Indonesia memiliki 5.950 daerah aliran sungai atau DAS, yang salah satunya tercatat sebagai sungai terpendek di dunia. Letak sungai tersebut berada di propinsi Sulawesi Tenggara, bernama Sungai Tamborasi.

Posisi tepatnya sungai itu berada di kawasan utara kota Kolaka, Desa Tamborasi, kecamatan Wolo.

Sungai tersebut dikategorikan sebagai sungai terpendek di dunia karena panjangnya yang tak lebih dari 20 meter, dan langsung berbatasan dengan laut.

Artinya, dari mata air tempat hulu sungai berasal, menuju ke hilir dimana sungai tersebut mengalir sampai ke laut, hanya berjarak tak lebih dari 20 meter saja. Sedangkan lebar Sungai Tamborasi adalah 15 meter.

Sayangnya masih sedikit masyarakat Indonesia yang mengetahui tentang keberadaan sungai terpendek di dunia yang ternyata ada di negara ini. Padahal sungai tersebut memiliki pemandangan yang indah dan unik.

Air Sungai Tamborasi, seperti kebanyakan sungai yang masih alami lainnya, berwarna hijau jernih dan bersuhu dingin segar. Tak seperti sungai lain, sungai ini memiliki pemandangan yang langsung terarah ke laut, dan berbatasan dengan pasir putih yang berair hangat dan keruh.

Jadi jika Anda berjalan menyusuri sungai ini, dalam sekejab saja Anda akan menemukan pertemuan air sungai dan air laut. Lengkap dengan perubahan suhu dingin dan hangat yang unik dan langka.

Tak hanya menawarkan pemandangan indah, lokasi hutan sekitar Sungai Tamborasi pun memiliki koleksi hewan khas Sulawesi seperti monyet bulu emas, beraneka jenis burung, dan kelelawar hutan.

Sayang, seperti kebanyakan objek wisata alami lain yang terdapat di daerah, di sungai tersebut mulai bertumpuk banyak sampah. Fasilitas umum seperti WC pun kurang tersedia. Padahal wisatawan mulai banyak yang berkunjung.

 

Via wisatadisulawesi.blogspot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda