Scroll to Top

Twitter Dapat Memprediksi Kapan Orang Akan Terkena Flu

By Melissa / Published on Thursday, 26 Jul 2012

Twitter Flu

Adam Sadilek dan koleganya dari University of Rochester di New York, Amerika Serikat, menemukan cara untuk memprediksi kapan seseorang akan terserang penyakit flu.

Dengan mengumpulkan data Twitter orang-orang di New York, mereka dapat mengira-ngira kapan seseorang akan terkena flu hingga 8 hari sebelum gejala flu tersebut muncul, termasuk di daerah mana virus flu tersebut sedang menyebar.

Sadilek dan timnya menganalisis 4,4 juta tweet yang disertai data lokasi GPS dari 630.000 pengguna selama lebih dari sebulan di tahun 2010 dan hasil penelitian ini mencapai angka keakuratan 90%.

Mereka menggunakan algoritme khusus untuk memisahkan antara tweet seseorang yang benar-benar menunjukkan gejala flu dari tweet orang lain yang sebenarnya sehat.

Namun, sistem penelitian ini dianggap masih sangat terbatas karena banyak kasus flu yang luput dari penelitian karena tidak semua orang yang flu menulis tweet tentang penyakitnya.

Hal menarik lainnya dari penelitian ini adalah ternyata orang-orang yang sering pergi ke pusat kebugaran lebih jarang sakit dan mereka yang berasal dari kalangan sosial ekonomi rendah lebih sering jatuh sakit.

Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dikembangkan menjadi app yang akan mengingatkan seseorang apabila ia sedang memasuki zona dengan insidens flu yang tinggi, atau memperingatkan orang tersebut apabila kondisi tubuhnya sedang rentan terkena flu.

(via Gizmodo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda