Scroll to Top

Twitter Semalam Tumbang Akibat Kegagalan Berganda Di Sistem

By Ditya / Published on Friday, 27 Jul 2012

Logo baru Twitter

Twitter dikabarkan sempat down atau tumbang selama beberapa saat semalam dan membuat tweeps bertanya-tanya. Menurut pengelola situs Twitter, hal ini disebabkan oleh kegagalan berganda di sistem data center-nya.

Sebelumnya banyak yang menduga bahwa Twitter mengalami overload karena pelaksanaan Olimpiade London 2012 dimana Twitter menjadi sosial media resminya.

Menurut Mazen Rawashdeh, VP Teknik Twitter, tumbangnya Twitter semalam disebabkan oleh masalah pada data center-nya. Data center Twitter mengalami apa yang disebut sebagai “infrastructural double-Whammy“.

Infrastructural double-Whammy sendiri adalah sebuah kegagalan berganda pada sistem data center akibat adanya kesalahan program (bug) atau adanya beberapa komponen data center yang tidak berfungsi dengan benar.

“Saya berharap saya bisa mengatakan berhentinya layanan ini dapat dijelaskan dengan alasan trafik tinggi selama Olimpiade atau bahkan bug cascading. Berhentinya operasi Twitter disebabkan oleh apa yang disebut dengan Infrastructural double-Whammy. Kami berinvestasi secara agresif di sistem kami agar masalh ini tidak terjadi lagi di masa depan,” kata Mazen Rawashdeh, VP Teknik di Twitter.

Seperti yang dilansir dari Slashgear kemarin (26/07/2012), semula banyak menduga bahwa Twitter tumbang akibat traffic yang yang sangat tinggi terkait pelaksanaan Olimpiade London 2012, ada pula pihak yang berspekulasi bahwa Twitter diserang.

Pihak Twitter juga minta maaf pada tweeps karena masalah yang terjadi dan pihaknya akan memperbaiki sistem dengan serius agar masalah Infrastructural double-Whammy ini tidak terjadi lagi dimasa depan.

Tumbangnya layanan Twitter akibat kesalahan atau kegagalan sistem bukanlah kali pertama terjadi, bulan lalu Twitter sempat tumbang akibat adanya cascading bug yang menyebabkan Twitter down.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda