Scroll to Top

Sharp Bakal PHK 3000 Pekerja?

By Baihaki / Published on Friday, 27 Jul 2012

 sharp_logo

Sharp, perusahaan elektronik asal Jepang dikatakan tengah mempertimbangkan untuk melakukan pengurangan jumlah pekerja sebanyak 3.000 orang. Langkah tersebut kemungkinan dilakukan oleh perusahaan ini terkait situasi ekonomi yang tidak terlalu baik.

Perusahaan Sharp sendiri saat ini memiliki total 21.000 pekerja. Dengan pemotongan sebanyak 3,000 orang, maka perusahaan tersebut berencana untuk mengurangi tenaga kerjanya sebanyak 15 persen. Tidak diketahui kapan rencana tersebut dilaksanakan.

Pemberhentian kerja tersebut pun tidak akan dilakukan secara sepihak. Dikutip dari Zdnet, menurut sebuah sumber, pihak perusahaan tengah melakukan pembicaraan dengan serikat pekerja. Selain itu, pihak perusahaan juga meminta pensiun dini pada beberapa posisi lain, seperti kepala kantor, pabrik hingga divisi sales.

Pihak perusahan saat ini sendiri baru saja mengalami kerugian. Pada kuartal terakhir antara April hingga Juni, pihak perusahaan telah mengalami kerugian hingga 100 miliar yen atau sekitar 12.1 triliun rupiah. Kerugian tersebut sendiri berasal dari buruknya penjualan layar LCD.

Secara keseluruhan, industri elektronik di Jepang memang tengah buruk. Beberapa perusahaan elektronik pun dikabarkan melakukan langkah serupa seperti Sharp. Beberapa di antaranya adalah Panasonic yang bakal memotong sebanyak 3.000 hingga 4.000 tenaga kerja serta Sony Mobile yang direncanakan mengurangi karyawannya sebanayk 6 persen dari prosentase seluruh pekerjanya di dunia.

Beberapa perusahaan elektronik dunia pun memiliki kondisi serupa. Di antaranya adalah Nokia serta Research in Motion (RIM). Untuk Nokia, selain melakukan pemotongan jumlah karyawan, perusahaan yang berbasis di Finlandia ini juga melakukan pemotongan harga untuk handphone Seri Lumia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda