Scroll to Top

5 Planet Alien Yang Bisa Dihuni Manusia

By Ibnu Azis / Published on Friday, 27 Jul 2012

5 Planet yang Bisa Dihuni Manusia

We are not alone! Pernah dengar kutipan dialog ini? Ya, di beberapa film yang berkisah fiksi luar angkasa, dialog tersebut sering muncul. Nah kali ini bukan sekadar fiksi, namun berdasarkan temuan terbaru, ada 5 planet yang bisa dihuni manusia dan diyakini sebagai ‘rumah’ alien.

  1. Gliese 581g: planet ini diyakini memiliki kemiripan dengan bumi. Dengan jarak hanya 20 tahun cahaya dari tata surya, Gliese 581g memiliki ukuran tiga kali besar bumi. Planet tersebut diyakini mengandung air laiknya di bumi. Dan karenanya, planet yang ditemukan pada September 2010 lalu diasumsikan terdapat mahkluk hidup.
  2. Gliese 667Cc: dengan jarak 22 tahun cahaya dari tata surya, planet ini memiliki ukuran yang lebih besar dari Gliese 581g. Ditemukan pada Februari 2011 lalu, Gliese 667Cc memiliki ukuran 4,5 kali lebih besar dari bumi yang kita huni sekarang.
  3. Kepler-22b: dengan suhu 72 derajat fahrenheit, planet ini ditemukan pertama kali pada bulan Desember 2011 silam. Memiliki jarak sekitar 600 juta tahun cahaya, Kepler-22b memiliki ukuran 2,4 kali lebih besar dari bumi. Planet ini pertama kali diungkap oleh teleskop luar angkasa NASA Kepler.
  4. HD 85512b: terletak di kontelasi Vela, planet yang ditemukan pada bulan September 2011 silam ini memiliki ukuran 3,6 kali lebih besar dari bumi kita. Suhu di planet tersebut berkisar 77 derajat fahrenheit. Planet ini berjarak 35 juta tahun cahaya dari tata surya.
  5. Gliese 581d: jika dilihat dari kejuhan, Gliese 581d memiliki permukaan yang sangat hijau. Berbeda dengan planet-planer sebelumnya, Gliese 581d selain memiliki ukuran yang lebih besar (7 kali dari bumi), suhu planet ini lebih dingin dan diyakini memiliki potensi untuk dihuni.

Dikutip dari Mashable, Jumat (27/07/12), selain lima planet di atas,masih ada beberapa planet lain yang diyakini bisa dihuni oleh manusia. Namun teknologi penerbangan luar angkasa yang masih sangat terbatas, maka penelitian yang dilakukan belum mampu memberikan data yang spesifik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda