Scroll to Top

Hari-Hari Terakhir Kaka Bersama Real Madrid?

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 28 Jul 2012

Ricardo Kaka 2

Bursa transfer musim panas 2012 terus menghangat dengan gosip kepergian Kaka dari Real Madrid. Gelandang Brazil untuk kesekian kalinya gagal bermain apik dalam pertandingan melawan Benfica. Klubnya tumbang dengan skor besar 5-2 dan suami Caroline Celico ditarik keluar di menit 61.

Satu jam terakhir bersama Real Madrid, sang playmaker yang pernah begitu dipuja ketika bermain di AC Milan, masih terlalu redup. Ia diturunkan dalam formasi 4-2-3-1 khas Los Merengues.

Kaka diplot sebagai pengatur serangan diiringi Jose Callejon dan Angel Di Maria masing-masing di sayap kanan dan kiri. Namun, ia kembali gagal. Kehilangan dominasi di lini tengah, tidak lagi memiliki kedalaman, dan harian Marca menyebutkan dirinya seakan melambaikan tangan meminta agar dilego dari Santiago Bernabeu.

Ia ditarik di menit 61 untuk digantikan seorang penyerang, Karim Benzema. Kala itu Madrid telah terkulai 4-2 sebelum terbobol lagi di lima menit terakhir. Dan seiring dengan lesunya sang pemain menghampiri bangku cadangan, barangkali AC Milan kembali menyalakan semangat mereka untuk memanggil pulang sang anak kesayangan.

Satu kendala, adalah faktor kerugian yang akan menimpa Real Madrid. Bagaimana mereka menyelamatkan investasi dari seorang pemain yang dahulu diboyong dengan harga 65 juta Euro? Di usia 30 tahun, Kaka seperti berada pada masa-masa suram kariernya.

Di satu sisi, Real Madrid memiliki dua alasan untuk mengeluarkan Kaka dari skuad. Pertama, pemberitaan media tentang kepergiannya bisa menciptakan ketidaknyamanan bagi klub maupun pemain. Kedua, hijrahnya Kaka berarti membuka jalan bagi perekrutan Luka Modric.

Hancur di Real Madrid bukanlah kata kunci utama. Rafael Van Der Vaart dan Wesley Sneijder hanyalah dua contoh dari pemain-pemain yang bisa kembali mengilap setelah kehilangan berkah Santiago Bernabeu. Artinya, keluar dari Real Madrid, bisa dijadikan opsi bagi sang playmaker, sama halnya dengan kemungkinan Kaka untuk bertahan.

Menarik untuk ditunggu, apakah duel melawan Benfica akan menjadi laga terakhir Kaka bersama Real Madrid, ataukah masih ada hari-hari lain, setidaknya hingga World Football Challenge awal Agustus mendatang?

(Jose Luis Merino – Marca)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda