Scroll to Top

Uji Kompetensi Guru UKG Kemdikbud Terancam Diboikot

By Ika / Published on Saturday, 28 Jul 2012

UKG

Uji Kompetensi Guru (UKG) Kemdikbud yang rencananya akan digelar pada 30 Juli 2012 nanti rupanya menuai kecaman keras dari para guru, mereka bahkan mengancam akan memboikot pelaksanaan UKG. Protes ini dilayangkan oleh sejumlah pihak yang menganggap UKG tidak perlu diselenggarakan karena tidak memiliki dasar hukum yang kuat.

“Kami bukan menolak UKG. Tetapi kami menolak diuji dengan cara-cara yang bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku,” ujar Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Retno Listyarti. “Kami menduga UKG tidak memiliki dasar hukum dan tidak menimbulkan sanksi apapun jika tidak mengikuti. Ada indikasi kebijakan ini proyek semata dan berniat menekan guru.”

Sementara itu menurut Federasi Guru Independen Indonesia (FGII), penyelenggaraan UKG ini hanyalah bentuk pemborosan. Setiap guru yang akan melaksanakan UKG tentunya akan menghabiskan biaya tertentu, sementara itu ada ribuan bahkan mungkin mencapai jutaan guru yang akan ikut UKG. Jadi bisa dibayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk pelaksanaan UKG tersebut.

Walau menuai kecaman bahkan terdapat ancaman boikot, Kemendikbud tampaknya tidak peduli. Kepala Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidik,  Syawal Gultom, menegaskan bahwa UKG memiliki landasan hukum yang kuat, misalnya dalam UU no.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Karena itulah Syawal mengungkapkan bahwa ia tidak terlalu mencemaskan ancaman boikot yang diserukan sejumlah guru yang tidak setuju dengan UKG.

“Saya tidak khawatir dengan ancaman boikot. Karena dalam sosialisasi para guru sadar bahwa UKG tepat untuk menilai kompetensi guru,” ujar Syawal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda