Scroll to Top

Nao, Robot Humanoid Pintar yang Mampu Menaiki Tangga Spiral

By Baihaki / Published on Saturday, 28 Jul 2012

Sebuah robot humanoid bernama Nao adalah robot yang sangat canggih. Robot ini memiliki keseimbangan yang bagus dan sanggup menaiki tangga. Tangga tersebut pun bukan tangga biasa, melainkan tangga spiral yang memiliki kesulitan lebih tinggi dibandingkan tangga lurus.

robot nao

Robot Nao ini merupakan kreasi dari para peneliti di Humanoid Robot Laboratory University of Freiburg. Dalam sebuah uji kemampuan, para peneliti memang sengaja menyiapkan tangga spiral. Mereka beranggapan bahwa tangga spiral lebih menantang karena permukaan setiap tangga memiliki bentuk yang berbeda.

Dan, robot canggih ini pun berhasil melakukan hal tersebut berkat kamera monocular murah yang dikombinasikan dengan laser scanner Hokuyo 2D yang disematkan pada bagian kepala robot. Laser 2D bertugas untuk mengambil data lokal sementara kamera diletakkan pada bagian bawah untuk mendeteksi ujung dari tangga. Dengan kedua perangkat tersebut, robot ini pun mampu mengkalkulasi langkahnya dengan aman.

Para peneliti pun mengabadikan momen setiap langkah robot humanoid Nao dalam sebuah video. Dalam video tersebut, robot ini memang nampak menjejakkan kakinya dengan sangat lambat. Meskipun begitu, pergerakan dari robot berbentuk manusia ini sangat akurat. Pada awalnya, Nao berusaha untuk menscan area dan memakai kameranya untuk mendeteksi ujung dari tangga berikutnya. Tingkat akurasi robot Nao ini pun sangat tinggi, yakni 97 persen.

Para peneliti pun berusaha untuk terus mengembangkan robot ini. Mereka mengatakan terdapat beberapa hal yang harus diperbaiki pada robot tersebut. Hal utama yang harus ditingkatkan adalah teknologi pendeteksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda