Scroll to Top

Malware Twitter Menyerang, Mention Korban Dengan Kata “Its You On Photo?”

By Ditya / Published on Saturday, 28 Jul 2012

twitter_malware

Semakin hari serangan malware di berbagai platform kian memprihatinkan, kini giliran situs microblogging populer Twitter yang dimanfaatkan malware untuk menyebarkan dirinya. Malware menyebar melalui mention ke korban dengan tweet “Its you on photo?” atau  “Its about you?”.

Hati-hati jika teman Anda, follower yang tidak dikenal atau bahkan akun Twitter lain yang tidak dikenal mention Anda dengan kata-kata “Its you on photo?” dan “Its about you?” yang disertai oleh tautan atau link yang menuju sebuah situs, awas! Ini adalah malware.

Tautan atau link yang terdapat pada tweet milik malware tersebut akan membawa pengguna ke sebuah situs Rusia yang di dalamnya terdapat sebuah malware berbahaya yang siap menginfeksi korban yang mengunjungi situs tersebut.

Malware yang disebarkan melalui Twitter ini disinyalir menyerang komputer berbasis sistem operasi Windows dan belum diketahui efeknya pada sistem operasi lain seperti Mac dan Linux.

Meski belum tersebar luas, pengguna diharapkan untuk tetap waspada terhadap mention dari akun yang tidak dikenal dengan kata-kata yang terus berubah. Pengguna juga sebaiknya tidak mengklik tautan pada tweet dari akun-akun yang tidak dikenal.

“Jika Anda melihat tweet seperti ini, jangan klik pada mereka. Tidak ada foto Anda yang ditampilkan di link tersebut dan account yang menyebarkan pesan baik telah dimanipulasi oleh hacker atau diciptakan oleh hacker dengan tujuan menyebarkan link berbahaya.” kata Graham Cluley, konsultan teknologi senior di Sophos.

Sophos mengatakan bahwa trojan yang dibawa oleh tweet tersebut dikenal sebagai Troj/JSRedir-HY yang dibungkus dengan JavaScript.

“Ada bahaya nyata jika pengguna Twitter belum benar-benar melindungi PC mereka, dan banyak orang akan klik pada link tanpa mencurigai bahwa mereka membuat komputer mereka beresiko terinfeksi malware,” tambah Graham Clueley.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda